134 views

CSR PT PGN (Persero) Tbk untuk Penguatan BUMDES Tri Daya Minosari Prima

PT PGN CFCiD Consulting, pada hari jum’at, (17 /2), menyelenggarakan diseminasi program kerja unggulan dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat dan kelestarian Lingkungan di Desa Sriminosari kecamatan Labuhan Maringgai, Lampung Timur (Lamtim) bertempat di Aula Desa Setempat. Dalam acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 40 warga.
Kegiatan ini merupakan inisiasi koorporasi dalam mengoptimalkan tanggung jawab sosialnya dalam ranah “people” terhadap komunitas lingkar industri merujuk regulasi yang sedang dijalankan pemerintah dimana terkait Bumdes yang sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa Pasal 87 dan Permendesa nomor 4 tahun 2014.
‘’Dalam sambutan Achmad Djamhari selaku Kepala Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Tri Daya Minosari Prima yang didampingi oleh Konsultan Desa (Kades) Sriminosari, mengapresiasi kehadiran narasumber dalam workshop serta komitmen PT PGN Tbk dalam memberdayakan ekonomi masyarakat melalui BUMDES. serta program-program social, ekonomi dan lingkungan lainnya.
Lebih lanjut, Kades menyampaikan dengan adanya Bumdes Tri Daya Minosari Prima diharapkan kegiatan perekonomian desa bisa meningkat dalam tahap awal berupa pengembangan LKM (Lembaga Keuangan Mikro) untuk para pengusaha mikro di masyarakat desa dan Industri Mocaf (tepung singkong) serta kelestarian lingkungan terutama mangrove bisa tetap lestari.’’tuturnya.
Pada kesempatan ini dihadiri pihak kecamatan Labuhan Maringgai yang diwakili oleh Indrawati yang dalam sambutannya, mendukung kegiatan Bumdes dan mengapresiasi adanya Bumdes di Sriminosari dan diharapkan sebagai pionir nantinya untuk pengembangan Bumdes di desa lain. meskipun saat ini baru ada dua, yang satu di Bandar Negeri.
Lebih lanjut, beliau menghimbau bahwa Pengurus Bumdes harus proaktif dan pandai melihat peluang usaha yang ada merujuk perubahan-perubahan yang ada di sekitar kita. Selanjutnya beliau mendorong masyarakat untuk memiliki komitmen untuk terus maju, bekerja keras dan tawakal dalam mencapai kesejahteraan yang diimpikan. Lanjut imbau beliau, masyarakat dan pengurus BUMDES harus mempunyai kreatifitas dan inovasi. Pemerintah kecamatan akan turut membantu dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan pelatihan dan promosi.
Selanjutnya Ketua Bumdes, Slamet Ariyadi menyampaikan program unggulan Bumdes Tri Daya Minosari Prima yang terbagi kedalam 3 (tiga) bidang utama yaitu bidang Penguatan Kelembagaan dan Unit Usaha Bumds yang mencakup sub kegiatan pelatihan, lokakarya, pengembangan lembaga keuangan mikro untuk para pengusaha mikro tingkat desa serta pengembangan Bumdes Mart. Bidang lainnya yaitu bebas belenggu kemiskinan melalui pengembangan usaha industry mocaf dan kebun kelompok tani serta bidang Tata lingkungan desa melalui sub kegiatan Pengelolaan Bank Sampah, Konservasi sumberdaya air, LRB (Lubang Resapan Biopori), penanaman pohon produktif, kebun gizi masyarakat dan kelestarian hutan mangrove.
‘’Pada sesi sebelum penutupan workshop, Bambang Capicoren, selaku PO Community Development PT CFCiD Consulting menyampaikan permohonan maaf manajemen PT PGN Tbk yang tidak dapat hadir dalam kegiatan diseminasi dimaksud. Beliau juga menghimbau peserta mengapresiasi kegiatan PT PGN (Persero) Tbk dalam program desa binaan di Sriminosari dalam tiga aspek program penguatan kelembagaan dan unit usaha bumdes, bebas belenggu kemiskinan dan tata lingkungan desa yang akan menelan biaya sekitar 998 juta.(Andi Anwar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *