110 views

Media Abpedsi.com, Lampung – Provinsi Lampung akan memiliki Kebun Raya dilahan seluas 150 hektar yang berada dalam kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA).
Adapun pembangunan Kebun Raya Lampung didalamnya akan terdapat Arboretum seluas 2 hektare. Sebanyak 48 jenis tanaman langka akan menghiasi Arboretum.
Wakil Rektor II Bidang Nonakademik ITERA Sukrasno mengatakan Kebun Raya Lampung akan berada di lahan 150 hektare. “Udah mulai sebetulnya (pembangunannya, ed). Semua koleksi tanaman langka di Sumatera,” ucap dia kepada wartawan Selasa, 21 Maret 2017.
Masih kata dia, tanaman langka tersebut diantaranya Pasak Bumi, Jolang-jaling, Sambiloto, dan Ciplukan. “Pasak Bumi misalnya langka. Apakah nanti bisa hidup disini karena kan tanaman asli dari Kalimantan,” tuturnya.
Sukrasno menerangkan tahun ini buat master plannya. “Tahun 2019 sudah bisa kita mulai. Kebun Raya Lampung ini juga akan dimanfaatkan untuk ilmu pengetahuan, konservasi, dan rekreasi. Macam-macam manfaatnya,” bebernya.
Dia menambahkan nanti akan diisi oleh sekitar 5000an tanaman. “Sekitar 5000an tanaman yang merupakan asli Indonesia. Tanaman obat-obatan yang juga akan menjadi penelitian,” imbuhnya.
Sementara, Sekretari Daerah Provinsi Lampung Ir Sutono menuturkan ITERA kerjasama dengan Kemen LHK untuk pembangunan Kebun Raya Lampung. “Jadi gini ITERA kerjasama dengan Kemen LHK. Yang diberi nama Arboretum dengan luas lahan 150 hektare,” tuturnya.
Mantan Sekretaris Kabupaten Lampung Selatan mengungkapkan dikombinasi dengan pendidikan, rekreasi, dan konservasi. “Pemprov support gagasan ITERA. Membicarakan masalah ini Kebun Raya Lampung. Ada blok nanti. Mulai dari kelapa, aren, pinang, dan tanaman lainnya. Ada tanaman juga langka. Pohon cendana yang wangi dan biasanya dari kipas,” jelasnya.
Menurutnya, lokasinya strategis. “Kebun Rayanya lebih luas dari Kebun Raya Bogor. Semua komponen masyarakat Lampung yang memiliki tanaman langka bisa disumbangin untuk ditanam. Kita perkirakan tiga – empat tahun selesai,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *