109 views

Umat Hindu di Sidorejo menyambut hari raya nyepi ramaikan dengan Ogoh Ogoh berkeliling jalan

Media abpedsi com
Sekampung udik
Lampung Timur- Dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka, seluruh Umat Hindu di Desa Sidorejo, Kecamatan Sekampung Udik, Lampung Timur membuat karya seni patung yang biasa disebut dengan Ogoh Ogoh.

Menurut salah satu warga setempat, Wayan, Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala yang merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan.

Dalam perwujudan patung yang dimaksud, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan yang biasanya patung tersebut dibuat dalam bentuk menyerupai makluk raksasa atau makhluk jahat yang mengerikan yang dalam fungsi utamanya, Ogoh-ogoh sebagai representasi Bhuta Kala dan dibuat menjelang Hari Nyepi yang kemudian diarak beramai-ramai keliling desa pada senja hari Pangrupukan, sehari sebelum Hari Nyepi.

Di Sidorejo, nampak terlihat Ogoh ogoh di beberapa titik Balai Banjar yang salah satu titik tersebut terlihat di depan Balai Banjar Krama Loka atau Banjar Barat Desa Sidorejo yang dalam karya seninya membuat Ogoh ogoh dalam wujud Rahwana dan ditambah tiga Ogoh ogoh lainya.

Rahwana yang memurut cerita adalah simbul dari seorang raja yang sangat jahat dimuka bumi ini. Wayan Arsana salah satu anggota Banjar Krama Loka, menjelaskan bahwa Ogoh ogoh tersebut dibuatnya bersama anggota Banjar selama kurang lebih lima belas hari dan rencananya sore ini akan dibawa ke Lapangan Sidorejo bersama hasil karya seni banjar banjar yang lain untuk kemudian dibakar pada senja sore ini (Senin/27/03).

“Kami membuat empat Ogoh ogoh yang salah satu Ogoh ogoh itu adalah Rahwana, Ogoh ogoh ini nanti sore akan kita bawa, kita arak ke lapangan dan dibakar menjelang petang nanti yang tujuanya untuk membakar hal hal yang negatif supaya hilang.” Papar Wayan.

Wayan juga menambahkan setelah selesai membakar Ogoh ogoh besok paginya umat Hindu akan melaksanakan Nyepi didalam rumah sampai besok lusa pagi selama dua puluh empat jam, “Setelah kita bakar Ogoh ogoh itu, besok paginya kita akan nyepi di dalam rumah sampai dengan besok lusa pagi.”jelasnya. (Erwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *