140 views

Meski Meriah, Warga Keberatan Dengan Tarikan Dana Karnaval Desa Karang Anyar

Media-Abpedsi.Com

Labuhan Maringgai – Desa Karang Anyar, Kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) desa ke 53. Kemeriahan acara tersebut diwarnai pawai karnaval yang dilombakan antar dusun, Minggu (21/5/17).

Dari pantauan Media Abpedsi, masyarakat Desa Karang Anyar sangat antusias menyambut karnaval di pinggir jalan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sorak-sorai ketika karnaval melintas. Kegiatan dimulai dari lapangan SD Negri 1 menuju SD Negri 2.

Perayaan tersebut semakin meriah dengan pengundian kupon berhadiah, warga yang antusial menunggu hasil pengumuman sampai acara selesai. Adapun hadiahnya antara lain barang elektronik, sepeda BMX, hingga perabotan rumah tangga.

Ketua panitia pelaksana Muhtadiron saat
dikonfirmasi mengatakan, “masyarakat desa Karang Anyar sangat antusias, kedepanya akan ditingkatkan lagi, untuk jenis perlombaan ikon karnaval antar dusun, lomba nyanyi, pengajian dan wayang kulit,” bebernya.

Kemeriahan acara tersebut tak lepas dari partisipasi warga. Salah satu partisipasinya dalam bentuk pendanaan acara, warga bergotong royong memberikan sumbangan agar acara tersebut terlaksana.

Mirisnya, ada sejumlah warga yang keberatan dengan dana iuran per kepala rumah tangga yang seolah-olah dipatok, dengan besaran Rp 100 ribu,- untuk PNS, dan Rp 30 ribu,- untuk rakyat biasa.

Ketika ditanya mengenai masalah warga yang keberatan tersebut, panitia acara menjawab tidak paham, “itu yang tau kemungkinan bendahara, dana yang dibutuhkan kegiatan HUT Desa Karang Anyar berjumlah Rp 66 juta,- cuma yang terkumpul hanya sebesar Rp 59.500 ribu, jadi kurang Rp 500 ribu,-” katanya.

Ketika ditanya siapa donatur yang memberikan kekurangan dana, dia menjawab, “tanya ke Pak Komang yang tau, panitia yang satunya,” tepisnya.

Terkait penarikan dana HUT Desa Karang Anyar yang ke 53 tidak ada kendala. Khususnya orang jompo dan miskin tidak terdaftar atau dianjurkan ditarik kata ketua panitia penyenggara HUT Desa Karang Anyar tegasnya.

Jaenal warga dusun 5 mewakili masyarakat Desa Karang Anyar saat dimintai keterangan terkait HUT Desa Karang Anyar ke 53 mengatakan sangat keberatan dengan penarikan dana tersebut, “Saya selaku masyarakat menengah kebawah sangat merasa keberatan dengan tarikan sebesar itu apalagi penambahan dua ribu untuk uang beras,” jelasnya.

Dia berharap di tahun depan tarikanya dikurangin dan Kepada Kepala Desa Karang Anyar agar mencari pengurus-pengurus yang jujur dan dapat memikirkan masyarakat khususnya Desa Karang Anyar. Dan bekerja sesuai tugasnya, jangan ada jabatan lebih untuk satu orang. (erwan/ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *