205 views

Kepala Sekolah SMP N 2 Pasir Sakti Tolak Wartawan

Media-Abpedsi.Com, Pasir Sakti – Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP N) 2 Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur mengaku tidak mau bermitra dengan media masa apapun. Kepala Sekolah yang baru menjabat sekitar 1 bulan lalu itu menolak kedatangan wartawan pada senin, (24/5).

Kepala Sekolah SMP N 2 Pasir Sakti saat dikonfirmasi alasanya menolak bermitra dengan wartawan media masa apapun dia mengatakan, “mengingat murid sangat sedikit dan guru honornya berjumlah 20 Dia mengatakan wartawan dari mana pun akan saya tolak,” tuturnya.

Saat ditanya jumlah murid SMP N 2 Pasir Sakti dia enggan berkomentar malah menjawab, “itu tidak penting ucapanya,” bebernya, kemudian wartawan menanyakan lagi kepada satu siswa satu tahun mendapakan anggaran berapa dari dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) dia menjawab, “1 juta saja dalam satu tahun untuk per siswa,” ucapnya.

Sikap Kepala Sekolah tersebut tentunya bertentangan dengan UU No. 40 tahun 1999 tentang Pers, disebutkan dalam pasal 3 fungsi pers adalah sebagai berikut dibawah ini.

1. Sebagai Media Informasi, ialah pers itu memberi dan menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi  kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.

2. Fungsi Pendidikan, ialah pers itu sebagi sarana pendidikan massa (mass Education), pers memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.

3. Fungsi Menghibur, ialah pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.

4. Fungsi Kontrol Sosial, terkandung makna demokratis yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut:

A. Social particiption yaitu keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan.

B. Socila responsibility yaitu pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat.

C. Socila support yaitu dukungan rakyat terhadap pemerintah.

D. Social Control yaitu kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah.

5. Sebagai Lembaga Ekonomi, yaitu pers adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang pers dapat memamfaatkan keadaan disekiktarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil prodduksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.

Media-Abpedsi.Com berharap mudah- mudahan Kepala Sekolah SMP N 2 Pasir Sakti kedepanya lebih mengerti apa maksud dan tujuan insan Pers datang kesekolah, Media-Abpedsi juga berharap dinas pendidikan bisa memberi arahan kepada semua kepala Sekolah khususnya, SMP N 2 Pasir Sakti agar kedepan bisa memahami peranan insan Pers. (erwan/ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *