106 views

Kemdikbud Melalui LPMP Lamtim Menggelar Bimtek Kurikulum 2013

Media-Abpebsi.com, Lampung Timur -Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Lampung, melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dengan materi Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 Jenjang SD Tahap 7 Tahun 2017, kegiatan Bimtek LPMP tersebut diadakan di TPK SD N Srimenanti, Kecamatan Bandar sribawono, Lampung Timur, Provinsi Lampung, Selasa sampai Minggu (5-11/6/2017).

Bimtek tersebut merupakan Bimtek Sekolah jenjang SD tahap 7 tahun 2017, yang diikuti oleh sekolah dari 6 Kecamatan di Lampung Timur, dengan perwakilan masing-masing sekolah empat guru.

Dari liputan Media-Abpedsi.Com materi yang disosialisasikan untuk bimbingan guru mulai dari bimbingan Silabus, Pedoman Tematik, Standar Kompetensi Lulusan. Terutama Standar Kompetensi Lulusan kedepan menjadikan standar Nasional di tingkat pendidikan sebagai mana yang ditetapkan dalam Pasal 35 Ayat (1) undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kopentensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup pengetahuan, dan keterampilan, yang akan menjadi acuan bagi pengembangan kurikulum dalam era mewujudkan tujuan pendidikan nasional Berdasarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2015 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Stardar KeLulusan adalah kriteria  kualifikasi  lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan Setiap lulusan satuan pendidikan ditingkat dasar dan menengah memiliki kompetensi pada tiga dimensi sikap. pangetahuan, dan keterampi lan Lulusan SD/MI.

Tujuan kurikulum mancakup empat kompetensi dimualai dari kompetensi sikap spiritual sikap sosial,  pengetahuan dan keterampilan Kompetensi tersebut dicapai  melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, atau ekstrakurikuler, yang “Menerima  menjalankan ajaran agama Rumusan Kompetensi sikap Spiritu Adapun rumusan kempetensi Sikap Sosial, yang Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin tanggung Jawab dan sopan santun.

Ketua pelaksana panitia bimbingan kurikulum Suparno mengatakan, “tujuanya ini adalah program pemerintah untuk meningkatkan mutu guru yang berkualitas di bidang pendidikan ditingkat SD dan MI dalam mengajar anak didiknya.” Jelasnya.

Sosialisasi ini merupakan program kemedikbud untuk meningkatkan pendidik yang berstandar nasional, untuk para kepala sekolah yang ada di 6 kecamatan yang mengikuti program bimbingan teknik sekolah berstandar nasional dengan adanya kegiatan bimbingan guru sangat mendukung penuh karena untuk menuju seorang pendidik yang berstandar nasional. (erwan/ys)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *