137 views

Digrebek Dibulan Puasa, Oknum PNS Metro Dicopot Jabatan

 
METRO – Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menjabat sebagai Kabag Kesra di Kota Metro berinisial BS (50) digrebek warga saat sedang asik berduaan didalam kamar kontrakan dengan istri orang (34). Ia digrebek warga Banjarsari Metro Utara, sekitar pukul 01.30 WIB, Sabtu (02/06/17).

Keduanya masih menjalani pemeriksaan diruang Kanit Reskrim Polsek Metro Utara.

“Diketahui ia ketangkap basah lantaran sedang berada didalam rumah kontrakan  dengan Istri orang, di komplek Jl. Patimura Gang Bete RT 5 RW 1, Kelurahan Banjarsari Metro Utara.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatanya. Kini keduanya langsung diglandang di Mapolsek Metro Utara guna penyidikan dan agar terhindar dari amukan warga sekitar,” kata Kapolsek Metro Utara,  AKP Indriyanto saat dikonfirmasi awak media.

Masih menurut  Indriyanto, berdasarkan pengakuan keduanya mereka belum melakukan apa-apa dan  pria tersebut mengaku hanya berkunjung kerumah  perempuan, jadi tidak berbuat apa-apa.

Sementara itu, terpisah  dari sejumlah keterangan warga sekitar dan pamong Ketua RT setempat, Edy Saputra mengatakan keduanya sudah lama telah menjalin cinta terlarang. Akhirnya warga menaruh curiga lantaran laki-laki  bertubuh gemuk itu sering kali bertamu tengah malam.

“Warga sepakat menyanggongi hingga tengah malam, untuk membongkar aksi betatnya. Sebelum dilakukan pengerebekan pria tersebut masuk kedalam rumah, tak kunjung keluar dan lampu didalam rumah dimatikan.

Warga punya inisiatif mengetok pintu depan rumah, dan dibuka oleh perempuan. Saat ditanya sempat mengelak. Setelah digeledah didalam kamar ada laki-laki bukan suaminya hanya memakai sarung,”singkatnya.

Kemudian Pemerintah Kota Metro akhirnya menepati janjinya memberikan sanksi tegas terhadap Broto Sasono sebagai Kabag Kesra. Dari hasil pemeriksaaan Broto telah terbukti melakukan pelanggaran. Karenanya pemkot memberikan sanksi tegas dengan mencopot jabatannya sebagai Kabag Kesra.

”Inspektorat sudah melakukan pemeriksaan. Selanjutnya Tim Baperjakat juga telah melakukan rapat bersama. Bapak walikota juga sudah memutuskan. Keputusannya yang bersangkutan jabatannya dicopot,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Metro A. Nasir AT dikonfirmasi Media Abpedsi, Rabu (7/6).

Ia menerangkan keputusan tersebut tersebut diambil berdasarkan hasil rapat dan dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Aparatur Negeri Sipil (ASN) dan Perwali Nomor 23 Tahun 2012.

”Dari hasil pemeriksanaan tindakan yang dilakukan tidak layak, karena merusak moral. Mampir di tempat perempuan bersuami di malam hari tanpa ada yang lain, ini jelas merusak moral. Jadi kita bina moralnya dulu,” tegasnya.

Karenanya untuk menjalankan tugas pemkot telah menempatkan pelaksana tugas (Plt) sementara menggantikan jabatan Kabag Kesra. ”Untuk sementara digantikan Asisten I, Pak Ridwan yang menggantikan sebagai Plt,” ungkapnya.

Sementara itu, dikonfirmasi Media Abpedsi Inspektur Kota Metro Jihad Helmi membenarkan telah ada keputusan terhadap Broto Sasono. Berdasarkan hasil rapat tersebut pelaku telah dinonaktifkan untuk sementara.

”Dari hasil pemeriksaan memang yang bersangkutan terbukti melakukan pelanggaran, dengan sanksi pelanggaran berat. Sanksi yang diberikan berupa pencopotan jabatan. Untuk keputusannya diputuskan oleh Bapak Walikota,” tukasnya. (yus)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *