151 views

Diskop Lamtim Bina Anggotanya

Lampung Timur,Media- Abpedsi.Com, Dinas Koperasi (Diskop) Lampung Timur (Lamtim) memberikan penyuluhan kepada Pengurus dan Anggota Koperasi Subing Putra Jaya yang berdomisili di Desa Rajabasa Lama, Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Kamis (03/08/2017).

Penyuluhan dilakukan kepada koperasi yang baru terbentuk dan membutuhkan arahan baik dalam hal kepengurusan maupun administrasi supaya pengurus koperasi tidak salah dalam memahami dan menjalankan koperasi dan sesuai dengan tujuan didirikanya koperasi tersebut.

Kabid Perizinan dan Kelembagaan Novriadie dalam paparannya menyampaikan pentingnya legalitas koperasi mulai dari badan hukum dan perizinan, “Bagi koperasi yang sudah berbadan hukum penting melaksanakan RAT, karena apabila koperasi yang sudah berbadan hukum tidak melaporkan RAT selama tiga tahun berturut turut maka badan hukum tersebut akan di evaluasi atau di anggap tidak efektif “.

Selain itu, yang terpenting untuk dipahami adalah koperasi itu didirikan dari anggota untuk kepentingan anggota,” Koperasi dibentuk oleh masyarakat dengan tujuan untuk mensejahterakan Masyarakat” kata Novriadie.

Junaidi Kasi bidang Pengawasan Dinas Koperasi Lampung Timur (Lamtim) mengatakan pelatihan kepada Koperasi pemula sangatlah diperlukan untuk meningkatkan Kedisiplinan dalam mengelola koperasi, program pelatihan berupa pengelolaan menejemen, cara mengakses Bantuan dan Perizinan, tetapi menurut Junaidi masih banyak juga kendala yang dihadapi oleh Dinas Koperasi terutama masalah anggaran untuk melakukan diklat dan penyuluhan bagi Anggota koperasi yang ada di Lampung Timur ini, ” di Lampung Timur ada kurang lebih 400 Koperasi sedangkan anggaran yang ada di Dinas tidak mencukupi untuk melakukan diklat dan penyuluhan sebanyak itu” ujar Junaidi

Junaidi berharap kiranya anggaran untuk memberikan diklat kepada anggota koperasi agar bisa diperbesar lagi, khususnya program diklat kepada koperasi pemula terkait administrasi pembukuan.

Penyuluhan kepada pengurus koperasi Subing Putra Jaya di Desa Rajabasalama dihadiri oleh Satria utama Kabid pengawasan, Novriadie Kabid kelembagaan dan perizinan, Junaidi Ar,Hadi Fikri dan Elly Yani Kabid UMKM. (erwan/cp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *