122 views

Transparan penggunaan DD Kampung Badransari.

Media-Abpedsi
Lampung-Dalam malaksanakan pembangunan infrastruktur dengan menggunakan dana desa (DD), kampung Badransari Kecamatan Punggur Lampung Tengah, dalam penggunaan dilakukan secara transparan dengan masyarakat.

Di termin atau tahap pertama kampung melaksanakan kegiatan pembangunan dalam bentuk Lapen (pengaspalan jalan) sepanjang 2.690 m, yang terlintas dari dusun satu, dua dan tiga, yang di mulai dari tanggul ledeng melintasi depan Balai Kampung ke depan Puskesmas pembantu sampai ujung dusun tiga.

Selanjutnya, dari samping jalan Balai Kampung depan rumah sekretaris Kampung ke arah keliling Lapangan sampai ujung dusun dua.

“Pada dasarnya dalam melaksanakan pembangunan lapen terbagi dua tahap namun dilaksanakan tahap kesatu karena peralatan dan bahan-bahan bangunan yang harus terselesaikan di tahap pertama.

Adapun di tahap dua akan melaksanakan pembangunan lima buah unit gorong-gorong, yang satu unit dengan ukuran panjang tujuh mtr ( 7 m ) lebar 100 cm dan dalam 80 cm yang empat unit ukuran biasa dan juga membangun tellpot ( onderlagh ) sepanjang 400 m terlintas di dusun satu ke dusun tiga.

Saat awak media abpedsi online menyambangi di kampung Badransari bertemu beberapa masyarakat kampung mengatakan tenaga kerja untuk mengerjakan Lapen 95 persen warga masyarakat kampung sendiri hanya berapa orang ambil tenaga kerja dari luar kampung khusus tenaga perebusan aspal dan penaburan aspal, karena tenaga dari kampung belum ada yang bisa/belum ahli(bukan ahlinya).

Di lain tempat Yunus srlaku Kepala Kampung saat dikonfirmasi mengatakan, team pelaksana tidak memborongkan semua pekerjaan yang dilaksanakan oleh kampung, semua dikerjakan warga masyarakat kampung hanya ada berapa orang yang ngambil tenaga kerja yang sudah biasa merebus aspal dan menebar aspal kan sudah hapal mengukur tebal tipisnya aspal cair yang akan di tebari di atas batu splait.

” Untuk pembayaran ke tenaga kerja saya sebagai kakam tidak pernah campur tangan semua yang ngurus ketua team pelaksana berhubungan langsung dengan bendahara DD.

Sebagai kakam penanggung jawab pelaksanaan dana DD semua pekerjaan di kendalikan oleh team pelaksana pembangunan .

Di singgung dengan pendanaan yang baru cair 60 persen, kenapa bisa menyelesaikan lapen 100 persen, dia menjawab ” itu kami dan para team pelaksana mencari dana talangan dulu yang penting pembangunanya selesai dulu.” pungkasnya.( rino/ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *