116 views

Varietas One Zona One Product

Media-AbpedsiAbpedsi
Lampung Tengah-Simpang agung.
Bupati lampung te ngah DR. IR. H. Mustafa panen raya tanaman kencur tanaman bernama latinKaempferia galanga bertempat di kampung pajar asri kecamatan simpang agung kabupaten lampung tengah.

Untuk mengantisifasi anjlok nya harga va rietas tanaman pertanian /inflasi seperti harga ubi kayu maka langkah” one zona one produk akan dapat menstabilkan harga, “ujar bupati Lampung tengah mustafa kepada wartawan pada kunjungan kerja panen raya tanaman kencur di pajar asri,, senen28/8/2017

Bupati Mustafa menambahkan masing masing kecamatan ada zona varietas tanaman seperti dipunggur ada” Nanas dan semangkanya “serta Di kota gajah ada bawang nya.dan untuk saat ini disimpang agung kencur dan jahenya. Jadi menurut beliau masing masing daerah tidak sama akan jenis yang ditanam atau disebut one zona one product,agar petani sejahtera .

Pada kesempatan itu kepala dinas pertanian IR.Muliwan mengatakan panen” yang tidak serempak pada tanaman kencur akan menstabilkan harga”saat ini harga Rp. 13.000-14.000 perkilogramnya katanya, upaya pemasaran varietas kencur bisa melalui pameran atau ke lembaga pendidikan, olahan tanaman kencur banyak dikenal sebagai tanaman obat dan minuman segar menyehatkan ujar Muliwan.

Upaya pemerintah dalam pembudi dayaan tanaman itu telah sejak tiga tahun lalu membantu petani terkait penyuluhan dan pengendalian hama

Terpantau. Saat itu bupati Mustafa memberikan bantuan mesin diesel penyedot air serta memanen dan tanam bibit varietas kencur .

Turut serta hadir camat seputih agung. Para kepala kampung, para gapoktan dan masyarakat petani pungkasnya.(rino-febi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *