147 views

Bupati Lamtim Hadiri Germas

Media-Abpedsi Lampung Timur-
Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

Dinas kesehatan kabupaten Lampung Timur, kamis (19/10/ 2017) mengadakan acara Germas yang bertempatan di kecamatan Wawaykarya.

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim, kabid kesmas dinas kesehatan lampung timur Nila Tanjung, forkopimcam beserta masyarakat kecamatan wawaykarya.

Rangkaian acara meliputi melakukan aktifitas fisik, makan buah dan sayur, periksa kesehatan dengan Rutin, tidak merokok, tidak meminum – minuman beralkohol, membersihkan lingkungan, serta menggunakan jamban sehat.

Pada kesempatan itu, selain dari pada melakukan senam bersama, juga diadakan Tarian masal Tari Melinting oleh siswa SD sekecamatan wawaykarya, khitan Donor darah, Pemeriksaan kesehatan gratis, Penandatanganan bersama komitmen germas oleh Bupati Lampung Timur beserta forkopimcam kecamatan wawaykarya, serta pemberian bantuan makanan tambahan kepada keluarga yang memiliki kurang gizi berupa parcel dan tablet tambah darah untuk remaja putri kecamatan wawaykarya oleh Chusnunia Chalim.

Dalam sambutan Chusnunia Chalim menyampaikan “saya cuma mau bilang, kalau mau sehat jaga kesehatannya masing-masing, karna itu adalah hal yang melekat di badan kita sehingga harus kita jaga, karna kalau udah sakit gak perduli kecil atau besar, kaya atau miskin, rasanya sama, sama-sama gak enak. Dengan cara apa kita menjaganya? Dengan cara menjaga pola makan yang sehat. Usahakan pekarangannya ditanami buah dan sayuran yang mudah dan murah.”pesannya.

Dalam acara tersebut pula dilakukan penyerahan piagam desa ODF Karya Basuki kepada kepala desa karya basuki oleh Bupati Lampung Timur. ODF yang merupakan Open Defecation Free atau kawasan bebas buang air besar sembarangan.(*/andri-heri)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *