196 views

Warga Desa Bumi Mas Ikuti Pelatihan Bumdes


Media-Abpedsi
Lampung Timur-Dalam rangka peningkatan serta pemahaman akan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), warga desa Bumi Mas kecamatan Batanghari. Lampung Timur ikuti pelatihan yang dimana dilaksanakan diaula SMAN1 Batanghari.yang dimulai 18 hingga 20 Desember.

Pelatihan tersebut dilaksanakan bertujuan untuk memahami teknologi yang berada di suatu masyarakat dan perbaikan yang ditunjukan untuk memenuhi pemenuhan kebutuhan masyarakat yang semakin meningkat.

Adapun dalam pelatihan tersebut mengambil tema “ Mengubah Kotoran Ternak Menjadi Pakan Ikan, Ternak, Unggas, Pupuk, Pestisida Sebagai Modal Kemandirian Pengetahuan Bagi Petani ”  .

Pelatihan BUMDES tersebut di ikuti oleh masyarakat desa  dan juga masyarakat Desa dengan jumlah peserta dari 3 desa tersebut sebanyak 30 orang. 

Miftah Udin selaku ketua pelaksana mengatakan, bahwa Kegiatan Pelatihan BUMDES, tahun 2017 Desa Bumi mas merupakan kegiatan bersama 3 desa, kegiatan ini  dimaksudkan untuk pengelolaan Program secara terpadu dan bervisi pemberdayaan untuk memberikan pelatihan di bidang teknologi tepat guna khususnya pelatihan pengolahan kotoran ternak, dengan mendayagunakan sumber-sumber setempat yang terdapat di Desa Bumi Mas kecamatan batanghari sesuai dengan karakteristik dan potensi desa tersebut , dan bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masing masing desa.”jelasnya.

Plt Kepala Desa Bumi Mas, Alek Andrianto yang juga ikut menghadiri acara pelatihan Bumdes saat di temui di Lokasi menjelaskan, bahwa kegiatan pelatihan  penerapan tersebut merupakan realisasi dari APBDes yang telah menganggarkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat yang salah satunya adalah pelatihan Bumdes.”ucapnya.

Lebih lanjut Alek menerangkan. selain kegiatan pemberdayaan yang sumber dananya berasal dari Dana Desa ( DD) desa Bumi Mas juga melakukan kegiatan pembangunan infrastruktur, 

” Kemudian Alek  berharap dengan terealisasikan nya DD di desa Bumi mas dapat bermanfaat bagi masyarakat yang telah lama menginginkan infrastruktur didesa nya menjadi lebih baik serta  khusus untuk para peserta pelatihan Bumdes kepala desa yang juga ketua Kasi Pemerintahn Kecamatan Batanghari ini berpesan agar peserta dapat mempergunakan kesempatan pelatihan ini dengan baik.”tuturnya.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *