173 views

Darmawan, Mbah Marjo Menunggumu

Media-Abpedsi.com
Labuhan Maringgai
Nur Fauzan selaku anggota DPRD Lampung Timur mengunjungi rumah mbah Marjo Sapon, di Dusun XI Desa Margasari kabupaten setempat, Sabtu (3/2). Fauzan datang untuk ikut membantu meringankan beban hidup mbah Marjo.

Selain Nur Fauzan, sejumlah pihak juga sudah membantu dana diantaranya Kepala Desa Margasari Nyoto Suswoyo, kalangan wartawan dari media online yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online (IWO), Lampung Timur dan sejumlah Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Melalui advokasi Aliansi Anti Kekerasan Anak dan Perempuan atau AKRAB Lampung dana bantuan itu ditampung dan disalurkan ke Mbah Marjo. Tidak besar jumlahnya dana yang disumbangkan untuk membantu tapi dana yang sedikit itu yang disumbangkan itu paling tidak mampu meingankan beban hidup Mbah Marjo.

“Masalah mbah Marjo adalah tanggung jawab pemerintah, tanggungjawab lingkungan dan tanggungjawab kita semua, dan sewarjarnya sebagai sesama manusia kita turut membantu meringankan beban hidup mbah Marjo,” kata Nur Fauzan saat menemui Mbah Marjo.”ungkapnya.

Menurut Ketua PKS Lampung Timur ini masalah sosial di masyarakat seperti kasus Mbah Marjo mestinya menjadi motivasi semua pihak meningkatkan rasa kepekaan sosialnya di lingkungan dia tinggal.

“Itulah tugas negara
Itulah gunanya negara
Itulah artinya negara
Tempat kita bersandar dan berharap

Berlaku bagi setiap warga negara, karena memang kewajiban negara untuk menyejahterakan rakyat dan kewajiban negara untuk memberi jaminan dan perlindungan sosial bagi rakyatnya. Namun sayangnya itu tidak untuk si mbah Marjo Sapon pria berusia sekitar (65) itu.”ucapnya.

Meskipun kadang beberapa hari dia harus menahan lapar karena tidak memiliki uang untuk membeli makananan. Dia pun mengatakan pasrah dan sabar melokoni kehidupanya.

Permohonan bantuan kepada pemerintah desa setempat pun pernah disampaikanya namun belum mendapat perhatian.

Pesan terakhirnya tidak ingin merepotkan orang di sekitarnya.

Dia pun menyiapkan kain mori atau kafan dan buku yasin jika suatu saat mati.”keluhnya kepada awak media.

“Ketua AKRAB Lampung Edi Arsadad mengatakan dana yang dihimpun pihaknya dari sejumlah pihak sebanyak RP3.500.000, dana tersebut diperuntukan untuk membuatkan rumah sederhana Mbah Marjo.”katanya.

Menurut Edi, bantuan rumah sederhana itu paling tidak bisa membuat nyaman mbah Marjo agar tidak lagi kehujanan.

Hingga Sabtu (3/2) ini rumah baru Mbah Marjo sudah 70 persen jadi dan secepatnya bisa d tempati.”jelas Edi.

Ia pun mengapresiasi bantuan semua pihak yang turut membantu Mbah Marjo.(*/uhuy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *