129 views

Didukcapil Lamtim Verifikasi Warga

Media-Abpedsi.com
Sukadana-Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Lampung Timur memverifikasi 47.000 warga.
Verifikasi ini dilakukan karena pada saat pencocokan dan penelitian (coklit) terdapat puluhan ribu data pemilih yang tidak mampu menunjukkan kartu tanda penduduk dan surat keterangan identitas sementara.
“Terkait hal ini KPU menyerahkan ke Disdukcapil, mengingat adanya surat edaran Mendagri agar diverifikasi. yang nantina data trsebut akan masuk dalam data server Lamtim atau tidak,” kata Kabid Pelayanan Administrasi Kependudukan Indra Gandi , Jumat (16/3/ 2018).

Masih dikatakannya bahwa Sebelum verifikasi, ternyata ada beberapa kendala. Di antaranya, NIK yang dimasukkan petugas KPU tidak sampai 16 digit, dan kesalahan NIK. Atas kendala itu, pihaknya telah memverifikasi dan 47.000 warga. Ternyata data mereka ada di server Disdukcapil Lamtim.
“Selagi data ada server Lamtim bisa memilih, selanjutnya data akan dimasukkan ke daftar pemilih tetap. Kami sudah koordinasi ke pemerintah daerah untuk dilakukan penyerahan data tersebut ke KPU,” ujarnya.
Pemilih yang baru memiliki KTP elektronik atau surat keterangan identitas sementara, pemerintah menghimbau kepada camat untuk segera melaporkan pemilih baru yang memiliki KTP atau surat keterangan identitas sementara kepada PPK agar dimasukkan daftar pemilih tetap. (RED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *