111 views

Petani Muara Jaya Terancam Gagal Panen

Media-Abpedsi.Com
Lampung Timur-Hujan deras di sertai angin kencang hampir semalaman membuat puluhan Hektar sawah di Kecamatan Sukadana dan kecamatan lainnya di Lampung Timur terancam gagal panen untuk yang ke empat kalinya.(05/04/18).

Salah satu titik terparah Desa Muara Jaya kecamatan Sukadana,desa Tanjung Tirto kecamatan Way Bungur dan desa Mulyo Sari Kec.Bumi Agung.pasalnya Hamparan padi yang mulai berisi tertutup oleh genangan air hingga nampak seperti Danau.

Beberapa petani yang di jumpai mengatakan bahwa hal tersebut adalah untuk Ke Empat kalinya mereka gagal panen secara beruntun.

“Ini ke Empat kalinya kami mengalami gagal Panen yang pertama di serang Hama,yang kedua di serang Air(banjir,red) lalu yang ke tiga di serang Tikus dan yang ke 4 kembali di serang Air”Ujar Gunung Sumar petani di desa Muara Jaya.

Sementara petani lainnya Sumarmi mengatakan” padahal untuk sekali tanam lahan setengah hektar Kami mengeluarkan biaya sekitar 3 juta Rupiah,bila di kalikan Empat maka kerugian kami 12 juta rupiah persetang hektar”

“Modal Saya sudah habis Mas..! untuk mensiasatinya Saya mencoba berdagang kopi dan Gorengan di sekitaran Pemda Lampung Timur,Tapi itu juga sepi Banget.
“Kemana Saya harus mengadu” ungkapnya kepada wartawan.

Sementara para petani lainnya Parino,Sawab,Katno,Pardi, mbah Mulki dan lain lain hanya tertunduk lesu melihat Area Sawahnya bahkan ada Petani yang tak Mau melihat sawahnya yang Kebanjiran”Takut Tambah Stress Mas”kata mereka Spontan.

Terkait masalah Tersebut beberapa Anggota DPRD yang di hubungi menyatakan Pernyataan yang Berbeda.

Garinca Reza P Anggota DPRD Provinsi dari Partai Nasdem Mengatakan” Turut prihatin atas musibah gagal panen yang terjadi di Lampung Timur,terkait dengan kondisi ini tidak bisa disalahkan siapa siapa”

‘Dalam hal ini pemerintahan daerah khususnya dinas pertanian LamTim untuk bisa mengindentifikasi penyebab kegagalan panen tersebut.
Apakah terjdi akibat dari hujan deras sehingga banjir lalu menggangu hasil panen,atau terkena hama pad, bisa juga bibit yang ada Sekarang ini tidak cocok, hal ini yang harus di identifikasi dinas pertanian atau badan penyuluh pertanian hingga kedepannya nanti bisa dihindari atau diantisipasi peyebab hal ini”tambah Reza

Lalu Akmal Fhatoni dari DPRD Kab Lampung Timur dari PKB mengatakan” Nanti akan kita coba bicarakan dengan pemerintah atau Stakeholder terkait apa langkah yang tepat buat membantu mereka tentunya dengan kebijakan yang tidak menyalahi aturan dan tepat sasaran”.

“Semoga segera bisa dicarikan solusi terbaik.
Dan sbagai insan beragama Saya menghimbau Masyarakat yang gagal panen, mari kita sama2 berdoa pada Alloh SWT. semoga ujian ini segera disudahi”
.
“Selain faktor cuaca ekstrim juga akan kita cari terus penyebab juga solusi masalah banjir di Lamtim.”kata politisi muda dari PKB ini.

Lebih lanjut DPRD Kab dari GERINDA Puriwanto melalui via telepon mengatakan”Kita Akan berkoordinasi dengan Dinas terkait untuk mencarikan Solusi terkait dalam masalah ini,apa lagi daerah yang berdampak Puso adalah Lumbung padi yang Ada di LamTim”

“Tempat Saya sendiri di Kecamatan way Bungur juga salah satu yang terkena imbasnya gagal Panen akibat Faktor cuaca,Hama dan lain lainya”ujarnya mengakhiri.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *