129 views

Dinas Perikanan dam Peternakan Lamtim Bersama KKP Gelar Sosialisasi

Media-abpedsi. Com

Lampung Timur-Dinas Perikanan dan peternakan LampungTimur Bekerja sama dengan kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan kementrian kominfo lakukan sosialisasi program nelayan go Online di Kuala penat Desa Margasari kecamatan Labuhan Maringgai Lampung Timur, Kamis (03 /5/ 2018).

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki potensi untuk menjadi Poros Maritim Dunia. Ini adalah cita2 Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla dan menjadi fokus Indonesia di abad ke-21. Indonesia akan menjadi kekuatan yang mengarungi dua samudera sebagai bangsa bahari yang sejahtera dan berwibawa.

Untuk mensukseskan fokus pembangunan pemerintah Indonesia tahun 2015 2019 —diantaranya adalah mendukung pencapaian Nawacita 3 dan Nawacita 7, Kementerian Kominfo merancang program Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital, diantaranya program Nelayan Go Online yang diharapkan dapat memberikan solusi atas permasalahan di sektor perikanan dengan penggunaan teknologi informasi.

Direktur Pemberdayaan Industri Informatika, Ibu Septriana Tangkary dalam penjelasannya menerangkan bahwa Kominfo berkolaborasi aktif dengan KKP serta pengembang aplikasi sektor kelautan dan perikanan untuk dalam upaya meningkatkan produktivitas di sektor perikanan sehingga memberikan peluang pertumbuhan ekonomi menjadi bangsa yang mandiri dan mempunyai daya saing tinggi.

” Penerima manfaat program Nelayan Go Online TA 2018 meliputi nelayan, kelompok dan koperasi nelayan serta pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan di daerah dengan potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang besar. Peran serta nelayan di dalam pembangunan perekonomian Indonesia ini patut didorong dan difasilitasi oleh pemerintah agar nelayan dapat berperan aktif dalam pembangunan ekonomi kerakyatan” ujarnya

Thun 2018 Program Nelayan Go Online menyasar ke beberapa lokasi dengan potensi sumber daya kelautan yang besar, dengan penerima manfaat program yang meliputi nelayan, kelompok dan koperasi nelayan serta pelaku usaha di sektor kelautan dan perikanan di Provinsi Lampung, Maluku, Kalimantan Timur, Kepulauan Riau, Banten dan Jawa Barat”

“Melalui kegiatan pengembangan dan pemanfaatan aplikasi, baik Aplikasi Sistem Informasi Kenelayanan serta Marketplace Perikanan Online, Kominfo mengharapkan Nelayan Indonesia dapat merasakan besar manfaat dari solusi digital tersebut dalam menunjang pengusahaan Nelayan dan meningkatkan produktivitasnya” pungkasnya

Pada kesempatan tersebut hadir pula Peneliti BRSDM KKP Suryo Sukoraharjo, Kasubdit Industri Perangkat Informatika Pengguna, Wijayanto , sekretaris Dinas Kelautan dan peternakan Lampung Timur Ilyas didampingi Kabid Perikanan tangkap Ira Dwi Mutiara.(red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *