131 views

Dispendik Gelar Bimtek GPK Sekolah Inklusi

 

Probolinggo, MA – Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo menggelar bimbingan teknis (bimtek) GPK (Guru Pembimbing Khusus) sekolah inklusi di SDN Sukokerto 1 Kecamatan Pajarakan, Kamis dan Jum’at (15-16/11/2018).

Kegiatan ini diikuti oleh 21 guru sekolah inklusi di Kabupaten Probolinggo. Selama 2 (dua) hari, para GPK mendapatkan materi tentang sekolah inklusi dari narasumber Kepala SLB Negeri Gending Wulandoko dan guru SLB Negeri Kraksaan Siti Halimah.

Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina melalui Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Fathur Rozi mengungkapkan bimtek GPK sekolah inklusi ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, bimbingan dan keterampilan bagi GPK untuk dapat menyusun dan melakukan assesment pendidikan bagi ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) dan membangun sistem koordinasi dengan sesama guru, kepala sekolah dan orang tua peserta didik.

“Selain itu, bimtek ini sangat diperluka agar GPK dapat melaksanakan pendampingan ABK pada saat proses pembelajaran, memberikan bantuan layanan khusus kepada ABK yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bersama di kelas reguler serta memberikan bimbingan secara berkesinambungan kepada ABK,” ungkapnya.

Melalui bimtek ini Rozi mengharapkan GPK dapat melaksanakan peran dan fungsi GPK agar dapat menyusun dan melakukan assesment pendidikan bagi ABK dan membangun sistem koordinasi dengan sesama guru, kepala sekolah dan orang tua peserta didik, melaksanakan pendampingan ABK pada saat proses pembelajaran, memberikan bantuan layanan khusus kepada ABK yang mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran bersama di kelas reguler serta memberikan bimbingan secara berkesinambungan kepada ABK.

“Lebih dari itu, GPK memiliki kompetensi basic ability (kemampuan yang dibutuhkan guru untuk dapat mendidik ABK) dan spesific ability (kemampuan yang dibutuhkan guru untuk dapat mendidik dan membimbing ABK dengan jenis tertentu,” pungkasnya (Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *