184 views

Loekman Hadiri Pengukuhan KTNA Lamteng

 

Lampung Tengah (MA) -Bupati Lampung Tengah, Loekman Djoyosoemarto hadiri pengukuhan KTNA di Kecamatan Punggur.yang dihadiri seluruh kelompok Tani se-kecamatan setempat. Rabu (28/11/2018).

Dalam sambutannya Leokman mengatakan bahwa pemerintah saat ini sedang fokus dalam bidang pertanian ,dengan adanya KTNA( kelompok tani nelayan andalan) bisa menumbuhkan petani di kabupaten Lampung Tengah.

” Saya berharap sekali para anggota KTNA agar membina para kolompok tani di setiap Kampung agar mereka lebih pandai dan mempunyai sekil dalam bertani ,karena saya tahu anggota KTNA sudah mempunyai sekil dan SDM yang mumpu.”ujarnya.

Dalam bidang pertanian pemerintah daerah, lanjut Koekman. sudah banyak membantu  pada tahun ini pihaknya sudah berikan pada kelompok tani lima yunit traktor ,33 yunit hen traktor,13 pompa air. Selain pertanian ,bidang peternakan pun pihaknya upayakan dengan mengembangkan budidaya bebek.

” kita sudah siapkan 50 unit alat menetaskan telur bebek ,saya persilahkan bagi kelompok tani maupun KTNA untuk mengajukan pada dinas terkait untuk pengembangan bebek.”

” Saat ini pemerintah daerah masih mengajukan lahan pertanian di Bandar Mataram dan bumi nabung insyaallah kalau direalisasikan Lampung tengah akan bertambah lahan pertanian nya.”bebernya.

Kadis pertanian Lamteng, Rusmadi juga menjelaskan bahwa pengukuhan KTNA ini sudah berjalan Sejak tanggal 7 November 2018 dan yang di Lantik sekarang ada enam kecamatan , Punggur, Trimurjo, Seputih Agung, Kota Gajah, Seputih Raman dan Gunung Sugih.

Ketua KTNA Lampung Tengah menerangkan bahwa petani penakar benih padi, petani nanas, nelayan maupun petani padi mempunyai wadah yakni KTNA.

” Konta tani adalan yang sumbernya dari beberapa petani menjadi wadah ,perkelompok ada 20 sampai 30 orang, tujuannya memudahkan sarana produksi, kemudian diwadahi menjadi Gapoktan ,satu desa satu Gapoktan terdiri dari beberapa kelompok tani.KTNA kecamatan diwadahi Kabupaten.kontak tani mengurus teknologi, sedangkan kelompok bertugas mengurus petani tingkat Kampung.” ujarnya.(rud/red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *