104 views

KABAR PROBOLINGGO : 10 Hari terlewati Pasca Bencana banjir bandang

Probolinggo, MA – Hari ini memasuki hari kesepuluh keberadaan Satgas di Desa Andungbiru Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo. Personel Kodim 0820/Probolinggo bersama-sama instansi lainnya baik pemerintah maupun non pemerintah tidak berdiam diri untuk berbuat yang terbaik membantu masyarakat Andungbiru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Seperti hari ini yang dilakukan, dan dipimpin langsung oleh Perwira Penghubung Kodim 0820/Probolinggo, Mayor Arh Ciptadi dengan membuat jalan rintisan memperbaiki jembatan yang putus di perbatasan Probolinggo dengan Jember (20-12-18).

Dusun Lawang Kedaton sebagai dusun terujung sebelah Selatan dari Desa Andungbiru yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Jember terhubungkan akses jembatan yang dibangun sejak jaman Belanda. Namun, bencana tgl 10 Desember 2018 waktu itu menyebabkan jembatan sepanjang 9 meter terputus oleh gerusan derasnya air. Saat ini, jembatan itu berdiri kembali sejak pukul 09.45 Wib walaupun jalannya adalah jalan rintisan dari bambu dan kayu.

Bersama-sama dengan masyarakat, wilayah yang berdekatan dari kepemilikan perhutani dan PTPN, dikerjakan hingga bisa tuntas. Dari ujung dusun Lawang Kedaton, sesungguhnya terdapat dua titik longsor pada ruas jalan sehingga jalan menyempit yang tidak mungkin dilewati kendaraan roda empat menuju ke Kabupaten Jember. “Akses sudah terhubung dengan jember dengan jembatan kayu dan bisa sitempuh dengan motor. Bukan karena jembatannya saja, ruas jalan juga terjadi penyempitan sehingga hanya mampu dikendarai motor”, tegas Mayor Arh Ciptadi.

Beberapa masyarakat yang berada di sekitar areal PTPN juga merasa gembira, yang tidak hanya bisa menuju ke Utara, namun bisa juga ke Selatan menuju Jember. Selama ini, dalam keseharian dalam pemenuhan kebutuhan hidup dan kekerabatan banyak menggunakan akses jalan tersebut. Karena, jalan itu hanya satu-satunya bagi mereka untuk menuju Kota Probolinggo.(Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *