132 views

KABAR PROBOLINGGO : Bupati Probolinggo Resmikan Mal Pelayanan Publik Kabupaten Probolinggo

 

Probolinggo, MA – Sebagai perwujudan program koordinatif Nawa Hati, Bupati Probolinggo Hj. Puput Tantria Sari, SE meresmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Probolinggo, Rabu (19/12/2018) di eks Kantor Bupati Probolinggo di Dringu.

Peresmian yang dikemas dalam bentuk soft launching itu dihadiri oleh anggota Komisi VIII DPR RI H. Hasan Aminuddin, M.Si, anggota Forkopimda Kabupaten Probolinggo, Sekretaris Daerah Soeparwiyono dan pejabat OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo. Hadir juga pejabat instansi vertikal, BUMD dan BUMN serta tokoh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Pada sambutannya Bupati Tantri menjelaskan, didirikannya MPP merupakan implementasi salah satu dari 9 (sembilan) program koordinatif Nawa Hati yakni Hati Melayani. Dijelaskannya, MPP merupakan upaya untuk memaksimalkan penyelengaraan pelayanan publik pemerintahan, BUMD, BUMN dan swasta kepada masyarakat. “Harapannya, agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang cepat, mudah, terjangkau, aman dan nyaman,” terangnya.

 

Bupati Tantri berharap, masyarakat dapat segera memanfaatkan MPP ini untuk berbagai layanan yang dibutuhkan. ’’Ini bagian dari ikhtiar mewujudkan pelayanan yang lebih baik. Warga yang membutuhkan layanan tidak perlu ke berbagai instansi untuk mengurus satu keperluan. Semuanya cukup di sini,” ujarnya

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Hadi Prayitno pada laporannya menjelaskan MPP bertujuan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan berbagai layanan, meningkatkan daya saing global dan menarik investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Probolinggo.

Di MPP terdapat pelayanan perijinan maupun non perijinan yang merupakan kewenangan Pemerintah Pusat, Pemda, BUMN, BUMD dan swasta sejumlah 269 layanan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik secara ekonomis dan efisien.

Tercatat ada 32 loket yang siap melayani masyarakat yang membutuhkan layanan perizinan, baik itu layanan yang diberikan oleh OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo maupun layanan yang diberikan instansi vertikal di luar OPD.

Gedung MPP yang memanfaatkan eks Kantor Bupati Probolinggo di Dringu ini dilengkapi dengan ruang laktasi, ruang kesehatan, taman bermain anak, dan ruang pelayanan informasi. Toilet dan fasilitas lainnya didesain untuk memudahkan difabel dan disabilitas.

Untuk pelayanan Kependudukan dan Catatan Sipil berada di bagian belakang yang masih dalam satu area gedung MPP. Managemen parkir dan toilet dikelola secara profesional yang bekerjasama dengan pihak ketiga.

 

Pemkab Probolinggo terus berupaya agar MPP menjadi pusat layanan yang sempurna dan ideal. Untuk penyempurnaan, tahun 2019 akan dilakukan evaluasi pada bberbagai aspek sesuai arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Sebagai persyaratan bentuk integrasi pelayanan publik antara instansi vertikal, BUMN, BUMD dan unsur OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo, pada kesempatan tersebut dilakukan penandatanganan kesepakatan bersama Bupati Probolinggo dengan beberapa pihak yang menempatkan layananannya di MPP Kabupaten Probolinggo.

Bupati Tantri juga menandatangani piagam pencanangan pemanfaatan aplikasi Layanan Cepat Administrasi Kecamatan (LAPAK), piagam pencanangan pemanfaatan aplikasi Layanan Jempol Mancep Layanan Cepet dan piagam pencanangan pemanfaatan aplikasi Layanan Pajak dan Retribusi Online.

Kabupaten Probolinggo adalah daerah ke 6 (enam) dari 38 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang telah memiliki MPP. 5 (Lima) daerah lain yang sudah memiliki MPP adalah Kota Surabaya, Kabupaten Banyuwangi, Kota Mojokerto, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Pamekasan.(Pu2t/Rohim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *