135 views

KABAR PROBOLINGGO: Semakin Diminati, Air Terjun Kalianan Terus Berbenah

 

Probolinggo, MA – Terus berbenah di penghujung tahun 2018, Pemerintah Desa (Pemdes) Kalianan Kecamatan Krucil menargetkan peningkatan kunjungan wisata air terjun Kalipedati di awal tahun 2019 nanti.

Setelah terpublikasi dengan baik, kini spot wisata air terjun Kalipedati nampak jauh lebih baik. Jalan setapak yang awalnya sangat sempit dan banyak dikeluhkan oleh pengunjung, kini sebagian besar sudah lebih lebar dan rata. Pemdes Kalianan bersama masyarakat telah mengupayakan pembenahan pada jalan setapak sepanjang 1 kilometer tersebut.

Sebelumnya, publikasi dan promosi yang di telah upayakan oleh Pemkab Probolinggo atas keberadaan surga wisata alam ini ternyata mampu membawa tren positif yaitu pesatnya peningkatan kunjungan wisata, khususnya pada saat hari libur. Hadirnya orang – orang dari luar desa tersebut praktis memotivasi masyarakat untuk berbuat sesuatu agar desa Kalianan semakin dikenal.

Kini setiap akhir pekan, di sepanjang jalur wisata air terjun Kalipedati akan selalu nampak kegiatan kerja bhakti masyarakat, tua muda nampak berbaur ambil bagian. Meski hanya sekedar kegiatan pelebaran jalan setapak dan perapihan pada beberapa spot, namun hal ini diharapkan akan melahirkan rasa memiliki dan tentu saja akan memberikan rasa nyaman kepada para pengunjung wisata.

“Alhamdulillah tren wisata baru ini membawa masyarakat kami lebih peduli terhadap lestarinya alam sekitar air terjun Kalipedati. Khususnya para kaum muda, tanpa pamrih mereka rela memeras keringat demi dikenalnya air terjun Kalipedati lebih luas,” ungkap Didik Mulyono Ketua LMDH Desa Kalianan.

Mantan Kepala Desa Kalianan ini juga berharap seiring dengan pertumbuhan wisata di desanya itu kemudian juga akan diikuti tumbuhnya ekonomi kreatif, dimana selama ini mayoritas penduduk Kalianan hanya mengandalkan hasil kebun dan pertanian sebagai mata pencaharian.

“Desa Kalianan sangat kaya akan potensi alam, kami harap pemerintah desa mampu memanfaatkan hal ini sebagai peluang memunculkan beragam produk kuliner khas Kalianan sebagai penunjang sektor wisata,” tandas pria berkumis ini.

Sementara Suciati, Kepala Desa Kalianan mengemukakan, pihaknya melaui pemanfaatan dana desa sebelumnya telah mendukung penuh pertumbuhan sektor wisata melalui peningkatan Kualitas jalan desa berupa rabat beton. Selain itu di tahun 2018 juga secara bertahap membangun akses jalan setapak menuju air terjun Kalipedati.

Upaya tersebut saat ini sedang dikebut pengerjaanya bersama masyarakat desa. Kini jalan setapak sepanjang 1 kilometer dengan lebar 1 meter tersebut nampak lebih representatif dan nyaman untuk dilalui dengan tambahan spot selfi berkonsep natural.

“Untuk tahun 2019 kami sudah ada konsep perencanaan untuk melengkapi fasilitas umum bagi pengunjung wisata seperti pelebaran lahan parkir, jambanisasi, gazebo wisata, musholla dan tempat bermain anak,” terang Suciati.

“Dengan tumbuhnya wisata di desa kami ini kami harap sedapat mungkin mengangkat perekonomian masyarakat desa Kalianan melalui komoditi lain yang kami miliki,” imbuhnya.(Pu2t/Rohim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *