116 views

KABAR PROBOLINGGO : Pemkab Probolinggo Kembali Raih Anugerah Parahita Ekapraya

 

Probolinggo, MA – Di penghujung tahun 2018 ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo kembali memperoleh penghargaan dari pemerintah pusat. Tahun ini Pemkab Probolinggo kembali raih penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya Kategori Madya.

Penghargaan yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise itu diterima oleh Wakil Bupati Probolinggo Drs. HA Timbul Prihanjoko, Rabu (19/12/2018) di Istana Wakil Presiden (Wapres) RI di Jakarta. Penyerahan penghargaan tersebut juga disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Pada kesempatan tersebut Wapres Jusuf Kalla bersama Menteri Yohana Yembise secara simbolis memberikan penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya 2018 kepada sembilan kementerian/lembaga, 22 Pemerintah Provinsi dan 159 Pemerintah Kabupaten/Kota.

Pemkab Probolinggo melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) yang berkomitmen mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam program pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) melalui strategi pengarusutamaan gender (PUG).

Terdapat 4 (empat) kategori penghargaan yang diserahkan, yakni Kategori Pratama diberikan kepada 2 (dua) Provinsi dan 44 Kabupaten/Kota, untuk Kategori Madya diberikan kepada 1 (satu) Kementerian, 8 Provinsi dan 75 Kabupaten/Kota, Kategori Utama diberikan kepada 1 (satu) Kementerian, 8 (delapan) Provinsi, dan 36 Kabupaten/kota, untuk kategori tertinggi Mentor diberikan kepada 6 (enam) Kementerian/lembaga, 4 (empat) Provinsi dan 4 (empat) Kabupaten/Kota.

Pada sambutannya Wapres Jusuf Kalla menegaskan ada 3 (tiga) issue besar didunia, yakni demokratisasi, perubahan iklim, dan kesetaraan gender. Untuk kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan harus melaksanakan program kegiatan kementerian/lembaga, serta memiliki inovasi dalam penerapan kesetaraan gender, serta melakukan pembinaan Pengarusutamaan Gender (PUG) kepada kementerian/lembaga lainnya dan pemerintah daerah.

Sementara itu Menteri PPPA Yohana Yembise bahwa, Penghagaan APE ini sebagai apresiasi untuk semakin memotivasi Kementerian/Lembaga dan Pemda dalam melaksanakan berbagai inisiatif untuk mewujudkan suksesnya proses pembangunan yang adil. Semua stakeholder agar dapat bekerja sama, berkolaborasi, dan saling bahu membahu mengemban amanah negara yang menjadikan perempuan dan anak Indonesia berada pada garis aman, mandiri, bermartabat dan berkualitas.

Kepala DPPKB Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto pada kesempatan terpisah menjelaskan penghargaan tersebut merupakan hasil kerja keras dan sinergitas OPD di lingkungan Pemkab Probolinggo bersama pemangku kepentingan dan masyarakat Kabupaten Probolinggo. “Semoga penghargaan yang diraih ini dapat memacu dan meningkatkan pelaksanaan program kegiatan pembangunan bidang pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender di Kabupaten Probolinggo.

Penghargaan Anugrah Parahita Ekapraya ini diserahkan setiap 2 (dua) tahun sekali dan Kabupaten Probolinggo meraih yang kedua kalinya setelah pertama kali menerima penghargaan yang sama tahun 2016.

Prestasi ini merupakan apresiasi atas komitmen Pemkab Probolinggo yang tercantum dalam Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Probolinggo. Salah satunya adalah mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam program pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui strategi pengarusutamaan gender.(Pu2t/Rohim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *