125 views

KABAR LUMAJANG : Warga Purwosono Lumajang Mengantisipasi Terjadinya Pencurian Sapi

 

 

Lumajang, MA – Mengantipasi maraknya aksi pencurian sapi di Lumajang, membuat warga Dusun Karanganyar, Desa Purwosono, kecamatan Sumbersuko akan membuat bangunan Garasi Ternak (Gaster).

Program Gaster ini adalah mengamankan terhadap hewan ternak dari aksi maraknya pencurian sapi. Gaster sendiri memiliki berkapasitas 30 ekor sapi didalamnya.

Mendapat informasi adanya warga yang membuat Gaster tersebut Kapolres Lumajang beserta rombongan langsung meninjau lokasi yang Dusun Karanganyar RT 9/RW 4, Desa Purwosono, Kecamatan Sumbersuko, Selasa (8/1/2019) siang.

Tiba dilokasi, kapolres langsung mengecek pembentukan serta pembangunan Garasi Ternak (Gaster).

Program Gaster ini di prakarsai oleh Kepala Desa Purwosono Kecamatan Sumbersuko Lumajang yang didukung penuh oleh warga sekitar.

Gaster ini dibangun diatas tanah milik ketua RT yang dihibahkan kepada lingkungan tersebut.

Kapolres Lumajang AKBP DR Muhammad Arsal Sahban SH SIK MH MM mengatakan, dengan adanya program GASTER ini diharapkan dapat menekan angka pencurian sapi di wilayah tersebut.

“Dalam lingkungan tersebut hanya dalam satu RT di RT 9 ada sekitar 52 sapi yang dimiliki oleh warga sekitar yang dipelihara di rumahnya masing-masing,” ujarnya.

Dalam tahapan pertama ini akan dibangun satu Gaster, dimana akan dibangun lagi tahap kedua setelah tahap pertama selesai.

“Dengan adanya program ini secara otomatis akan dibentuk Satgas keamanan desa yang tujuannya mengamankan GASTER dan lingkungan sekitarnya,” terang Arsal.

Lebih lanjut, kapolres Lumajang memberikan apresiasi tinggi terhadap pilot project tersebut.

“Saya sangat yakin dengan terobosan ini, dapat menekan secara signifikan kasus pencurian sapi di wilayah Desa Purwosono. Jika memang proyek ini berhasil, kami akan mendorong kepala desa di wilayah lain untuk membangun GASTER seperti Desa Purwosari” Tegas Arsal.(Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *