105 views

KABAR LUMAJANG : Bupati Lumajang Dorong Peningkatan Daya Saing Hasil Pertanian

 

 

Lumajang, MA – Pemerintah Kabupaten Lumajang akan terus mendorong peningkatan daya saing hasil pertanian. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat melantik Pj. Kades Kalipenggung di Aula Panti PKK, Jum’at (18/01/2019).

Bupati menyoroti hasil pertanian di Kabupaten Lumajang masih belum dikelola dengan maksimal. Ia mencontohkan komoditi beras di Kabupaten Lumajang yang tercatat surplus namun belum bisa menjamin kesejahteraan masyarakat terutama petani.

“Kita hanya bangga dengan angka surplus tadi, bangga Kabupaten beras surplus sekian ton, tapi kalau ditanya petaninya apa hasilnya, tidak ada, justru kalau panen harganya murah,”ungkapnya.

Dengan berbagai permasalahan tersebut, Bupati Lumajang beserta jajarannya berusaha mencari formula yang tepat agar produk – produk pertanian di Kabupaten Lumajang dapat ditingkatkan nilai jualnya.

“Sekarang ini sedang dibahas oleh Pemerintah Daerah, dibahas oleh Pak Sekda, Asisten beserta jajaran Kepala Dinas, kedepan saya berkeputusan untuk semua minimarket yang ada di Lumajang ini harus jual produk-produk begitu ada produk Lumajang harus kulakan (beli,red) kepada masyarakat Lumajang, kepada Petani yang ada di Lumajang,” ujarnya.

Bupati Lumajang mengajak petani agar tidak langsung menjual produk pertanian meraka. Menurut Cak Thoriq, apabila produk – produk pertanian di Kabupaten Lumajang diolah dengan maksimal, dapat meningkatkan nilai jual yang berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat Lumajang.

“Ini yang harus diolah, dilakukan konsolidasi hasil pertanian, mempertemukan antara pembeli dengan para pelaku pertanian masyarakat, kalau ini bisa dipertemukan harganya bisa lebih baik lagi, bisa berdaya saing lagi, masyarakat bisa lebih makmur mendapatkan income lebih baik dari sebelum – sebelumnya,” ungkap Cak Thoriq. (Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *