128 views

KABAR MALANG : KEPALA SEKOLAH SMP IKUTI PEMBINAAN SUKSESKAN UJIAN NASIONAL

Malang, MA – Wakil Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM Jumat (1/2) siang melakukan Pembinaan Sukses Ujian Nasional dan USBN bagi Kepala SMP Negeri maupun Swasta Tahun Ajaran 2018-2019 di Pendopo Kabupaten Malang, Jl. Panji 158 Kepanjen. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan, Dr. M. Hidayat, MM, M. Pd, Koordinator Wilayah dan Pengawas.

Wabup menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini, sekaligus menyampaikan terima kasih kepada seluruh Kepala SMP Negeri dan Swasta yang telah hadir karena kegiatan ini bagian dari upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Malang, khususnya dalam mempersiapkan Ujian Nasional (UN) yang akan segera digelar antara bulan Maret sampai dengan Mei 2019.

“Sebagai agenda tahunan, pelaksanaan Ujian Nasional selalu mendapatkan perhatian serius dari semua pihak, dari siswa, pihak sekolah, maupun Pemerintah Daerah pun ingin agar hasil UN sesuai dengan harapan. Saat ini UN masih menjadi tolok ukur keberhasilan kegiatan belajar siswa selama menempuh pendidikan, tetapi pemanfaatan hasil UN untuk perbaikan proses pembelajaran masih belum optimal. Hasil penilaian UN tidak cukup untuk meningkatkan pembelajaran jika tidak diikuti dengan adanya umpan balik terhadap hasil penilaian. Oleh karena itu, menjadi tugas dari Kepala Sekolah sebagai pimpinan di tingkat sekolah untuk menjadi pengerak utama agar hasil UN diikuti dengan analisa dan usaha perbaikan proses pembelajaran,” himbaunya.

Dengan begitu, ia berharap pendidikan di wilayah ini semakin maju dan prestasinya semakin meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Adapun inovasi yang perlu disiapkan salah satunya dengan metode bimbingan belajar yang dilakukan pihak intern atau diluar sekolah, terlebih lagi tentang faktor mental spiritual siswa.

“Karena menjelang UN siswa perlu dibekali mental yang kuat, misalkan dengan mengadakan kegiatan bernuansa keagamaan, hingga melaksanakan kegiatan entertain edukatif guna mengurangi tekanan yang dihadapi para siswa. Saya berpesan kalau ingin nilai terbaik jangan berbuat curang karena satu kejujuran, akan melahirkan satu kejujuran lainnya, tetapi satu kebohongan, akan melahirkan puluhan bahkan ratusan kebohongan yang lain. Untuk itu, bentuk karakter jujur itu sejak dini, agar bangsa ini semakin maju di tangan generasi yang memegang teguh nilai kejujuran dan nilai-nilai positif lainnya,” pesannya diakhir sambutan.

Tahun ini jumlah peserta ujian nasional dari tingkat SMP mencapai 37.075 orang siswa terdiri dari sekolah negeri 14.151 siswa, 12.308 siswa, sekolah terbuka 152 siswa dan MTs 10.464 siswa. Hal itu dikatakan Hidayat dalam sambutannya bahwa ujian akan berlangsung secara serentak pada tanggal 22-25 April 2019 dan diikuti oleh puluhan ribu siswa tersebut.

“Pelaksanaan ujian berbasis komputer yang merupakan program dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tersebut sudah dijalankan di Kabupaten Malang selama dua tahun. Pelaksanaan ujian diharapkan mampu meningkatkan nilai dibandingkan tahun sebelumnya, untuk itu dengan segala upaya dan sumberdaya ditengah keterbatasan bisa memaksimalkan hasil ujian sehingga menjadikan Kabupaten Malang sebagai peraih 10 besar dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, nanti jelas ada rewardnya,” ungkap Hidayat.(Den Bagus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *