124 views

KABAR PROBOLINGGO : Letkol Inf Imam Wibowo perintahkan tumpas Aedes Aigepty

Probolinggo, MA – Penderita Demam Berdarah (DB) di wilayah Probolinggo terus bertambah. Babinsa di wilayah binaan melakukan pengecekan warga untuk mengcroscek kebenarannya. Setidaknya tiga hari yang lalu didapatkan angka 85 warga terjangkit DB. Wilayah terbanyak adalah di Desa Pagelangan Kecamatan Maron berjumlah 15 orang Sabtu (1/2/19)

Melihat situasi wilayah yang mulai terjangkit penyakit yang disebabkan nyamuk Aedes Aigepty, Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, S.E., M.I.Pol memerintahkan kepada para Danramil untuk berkoordinasi dengan Dinkes atau Puskesmas yang ada di wilayahnya untuk melakukan sosialisasi sekaligus dalam kegiatan aksi pencegahan semakin bertambahnya penderita DB.

“Sejak kemarin sudah kita lakukan sosialisasi dan aksi pembersihan lingkungan. Saya perintahkan para Danramil untuk berbuat agar tidak semakin bertambah penderita DB baik dilakukan sendiri atau dengan Puskesmas setempat”, tegas Dandim Probolinggo.

Hari ini saja dilaksanakan sosialisasi dan fogging untuk wilayah Kota. Sosialisasi dilaksanakan di Kelurahan Kebonsari Kulon dan fogging di Kelurahan Pohsangit Kidul. Juga, dilaksanakan di wilayah Kabupaten seperti dengan karya bakti pembersihan lingkungan di Pakuniran dan Kraksaan dilaksanakan fogging.

“Penyebaran sudah terindikasi di 19 kecamatan wilayah Kabupaten dan diperlukan penanganan mulai dini agar tidak berdampak luas”, Komandan Kodim 0820/Probolinggo menambahkan. Pembersihan mulai dilakukan dari kemungkinan tempat bersarangnya nyamuk dan mengajak masyarakat untuk melakukan kebiasaan pola hidup bersih di lingkungan rumahnya dan peduli dengan sekitar. “Sampah yang berserakan, baik organik atau non organik yang memungkinkan air menggenang maka sasaran nyamuk untuk bersarang. Sehingga, bila rumah bersih namun dekat rumahnya tidak bersih karena fasilitas umum maka tetap akan menjadi sumber masalah.

Untuk hari ini saja, sudah bertambah korban sudah bertambah penderita dari warga Kecamatan Paiton. Babinsa Desa Petunjungan Serma Agung Prihantono langsung cek lapangan terhadap warga Desa Petunjungan, Dusun. Gumuk RT 06 RW 03 atas nama Moh. Fasa Ar Rifa’i yang sakit, berdasarkan hasil pemeriksaan lab dari Puskesmas Paiton yang dirujuk ke RS Graha Sehat Kraksaan. “Upaya yang dilakukan personel saya gak akan maksimal bila semua pihak tidak turut berpartisipasi.

Bukan karena kita sehat tetapi adakah kepedulian kita kepada lingkungan sehingga bila tergugah dan muncul kesadaran dari setiap individu maka akan menjadi pola kebiasaan yang baik”, diakhir perbincangan dengan Orang Nomor Satu di Kodim Probolinggo sebelum menuju Desa Jorongan untuk memberikan pencerahan tentang wawasan kebangsaan.(Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *