137 views

KABAR PROBOLINGGO : Keasyikan Serda Gimun bersama warga di Pos Kamling

Probolinggo, MA – Setiap Koramil ada personel yang berjaga selain dari piket. Mereka adalah personel yang disiagakan untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi di wilayah Probolinggo khususnya berkaitan dengan keamanan dan bencana alam. Dengan adanya personel di setiap koramil yang bertambah dalam kesehariannya yang begadangan maka bisa pula untuk melakukan kegiatan lainnya sesuai dengan tugas pokok setiap insan Tentara Nasional Indonesia, salah satunya adalah membantu tugas kepolisian dalam menjaga ketertiban dan keamanan wilayah. Kegiatan ini telah dilakukan dan berjalan lama walau tidak semua wilayah bisa diterapkan yaitu, melalui turut berpatroli dan bersama-sama masyarakat melaksanakan siskamling. Inilah yang dilakukan Serda Gimun anggota Koramil 0820-19/Gending saat gilirannya mendapat kepercayaan stand by dalam tugas siaga malam itu, Kamis (07-02-19).

Dia bersama-sama dengan warga Dusun Sumberan Desa Sumber Kerang Kecamatan Gending berada di pos ronda. Cangkruan dan berpatroli keliling dusun sekali dua kali. Warga yang ronda pada saat itu, disambangi sejak pukul 20.30 Wib. “Berada di Koramil sudah ada yang piket dan sudah menjadi kebijakan pimpinan untuk bisa berbuat juga dalam menciptakan kondisi wilayah agar aman”, saat disinggung keberadaan Serda Gimun.

Hanya satu tempat saja Serda Gimun berada karena dengan asyiknya ngobrol bersama warga yang dapat giliran ronda. Obrolan yang ringan-ringan yang umumnya menjadi perbincangan. “Situasi di dusun ini aman dan yang ada untuk selalu aman sehingga tidak memunculkan keresahan bagi warga”, tandas Gimun. Tercatat dua kali berkeliling dusun dengan membagi dua kelompok berputar berbeda arah. Suatu kebiasaan rutin dalam sistem ronda mereka.

Memang harus bersusah payah menuntutkan partiaipasi warga untuk berjaga dalam siskamling. Tidak bisa semuanya diandalkan pada aparat keamanan. Justru akan efektif bila warga yang berpartisipasi aktif. Semoga ini menjadi kesadaran yang menetap sehingga tidak ada celah bagi mereka yang ingin berbuat tidak baik di Dusun Sumber Kerang ini. Selesai keliling yang kedua, Serda Gimun meninggalkan pamit pada kelompok ronda malam itu tepat pkl. 02.15 Wib. Semoga ditempat lainnya ada kesadaran bersiskamling yang sama dari warga yang turut saling melindungi saat warga lainnya terlelap tidur.(Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *