105 views

KABAR LUMAJANG : Tragedi tumbangnya pohon besar yang umurnya sudah ratusan tahun di terjang angin

 

Lumajang, MA – Pohon Selubin (Trembesi) yang jadi icon Dusun Laspoleng terkenal dengan sebutan daerah Selubinan Desa Selok Gondang Tumbang. Penyebabnya karena pohon tersebut sudah tua dan terjadi hujan disertai dengan angin.

Sugik, salah seorang warga menyatakan pohon tersebut diperkirakan sudah berumur ratusan tahun. Sejak dia kecil, pohon Trembesi tersebut sudah besar dan sudah berumur ratusan tahun.

“Tadi subuh hujan mas, kemungkinan pohon itu akarnya sudah tidak kuat,” ujar pria yang akrab disapa Angol-ongol itu, Senin (11/02/2019).

Saat tumbang, akar pohon ternyata tidak memiliki akar tunggang. Meski terlihat sangat besar, namun akarnya tidak kuat sehingga saat diterjang angin pohon roboh hingga akarnya jebol.karena tanpa kekuatan lagi.

Beruntung, pohon besar itu tidak tumbang keselatan ke arah SDN Selok Godang. Pohon roboh ke arah utara dan hanya menimpa pagar rumah milik salah seorang warga.yang berdekatan

“Untung tidak tumbang keselatan mas, jika tumbang keselatan pasti akan menimpa bangunan sekolah dasar. tuturnya

Adiarto Hendro, Komadan TRC BPBD Lumajang menyatakan tumbangnya pohon Trembesi karena sudah berumur tua. Kondisi cuaca yang ekstrim membuat banyak sekali pohon-pohon tumbang dijalan dan juga di jalur Ranupani.  “Trembesinya sudah berumur ratusan tahun bahkan tanpa di sadari rapuhnya pohon yang begitu besar yang sewaktu.waktu bisa tumbang dengan sendirinya.pungkasnya(Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *