114 views

KABAR SEMARANG : PPS Kota Semarang Adakan Kegiatan Pilah Sampah

 

SEMARANG, MA -Dalam rangka untuk memberikan nilai tambah tentang pengetahuan jenis sampah, Paguyuban Pengangkut Sampah (PPS) Kota Semarang, menyelenggarakan kegiatan pilah sampah bagi anggotanya. Kegiatan ini diikuti 25 peserta dan berlangsung Minggu (10/2) di Kantor Sekretariat PPS Kota Semarang Jl. Kebonharjo I Rt. 03 Rw. 02 No. 13 Kel. Tanjung Mas.

Ketua PPS Kota Semarang, Hermawan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang sampah jenis organik dan un orgonaik. Sehingga mereka bisa membedakan mana sampah yang mempunyai nilai ekonomis dan tidak. Walaupun semua jenis sampah sebetulnya bisa dimanfaatkan,” terangnya.

“Dengan mengetahui jenis sampah yang bernilai ekonomis, khususnya unorganik kami berharap mereka bisa memilah sampah tersebut untuk dijual. Sehingga menambah tambahan pendapatan bagi mereka.
“Mereka sudah mau terjun ke sampah, sehingga sekalian belajar tentang pengeloaan sampah,” katanya.

Sementara Penasehat PPS Kota Semarang, Munhari menambahkan, persoalan pengangkutan sampah di Kota Semarang masih menyisakan pekerjaan rumah yang belum kunjung usai. Masih sering terjadi penumpukan sampah di beberapa titik lokasi karena keterlambatan pengangkutan. Dengan alasan kekurangan armada, penumpukkan sampah ini sangat menganggu lingkungan,” tandasnya.

Dalam kegiatan pilah sampah tersebut, peserta diberikan item jenis sampah mana saja yang bernilai ekonomis dan bisa di daur ulang. Contohnya botol aqua (Pet), plastik kresek (HDPE), botol beling, dan lain-lain. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *