124 views

KABAR LUMAJANG : Pemkab Lumajang Berbenah Diri Masalah Pertambangan Yang Masih Carut Marut

Lumajang, MA – Masih carut marutnya pertambangan pasir di Lumajang. Bupati Thoriqul Haq melakukan moratorium dengan Pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam perinjinan baru pertambangan.

 

“Sebelum kami mengatur bagaimana pertambangan di Lumajang, kami sudah meminta ke Provinsi àgar tidak lagi mengeluarkan ijin baru bagi pengusaha yang akan mengajukan perijinan tambangnya kata cak thoriq.

 

Menurutnya, dirinya tidak akan mengeluarkan rekomendasi ijin baru dari Lumajang. Pasalnya, masih banyak permasalahan yang terjadi dilokasi pertambangan.

 

“Selain itu, Pendapatan dari sektor tambang pasir tidak sesuai target pungkasnya

 

Pemkab Lumajang akan mengeluarkan regulasi yang baru mengatur dari hulu ke hilir tambang pasir. Sehingga, masyarakat tidak merasa dirugikan dan pemerintah daerah mendapatkan pemasukan dari tambang pasir yang sesuai harapan.

 

Wabup Lumajang, Indah Amperawati juga sependapat dengan Bupati, pasalnya target PAD belasan milayar hanya mampu terpenuhi 9 Milyar ditahun 2018. Dia menduga adanya kebocoran yang luar biasa dari kekayaan alam Lumajang.seperti adanya tambang yang tanpa ijin resmi bisa oprasi dengan leluasa bahkan sampai ratusan kubik yang keluar daerah tanpa bayar pajak.

 

“Di pemerintahan kami, kejadian ini jangan sampai terulang kembali dan tidak ada lagi konflik konflik berikutnya.tuturnya

 

Konflik dikawasan pertambangan dan kerusakan infrakstruktur jalan sangat merugikan masyarakat.kecil yang umumnya pekerja manual Pemkab Lumajang terus menyusun regulasi pertambangan pro rakyat dan akan menjadikan pendapatan terbesar dari negara.(Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *