132 views

KABAR BLITAR : Partisipasi Masyarakat Wujud Sukses Demokrasi dalam Pemilu 2019

Blitar, MA – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Blitar mengadakan acara sosialisasi Fasilitasi dan Koordinasi Lembaga Masyarakat dengan mengusung tema ‘Penguatan Kelembagaan Organisasi Kemasyarakatan atau Lembaga Swadaya Masyarakat dalam Rangka Mendukung Suksesnya Pemilu 2019’ di LEC Pojok Garum pada selasa (19/02/2019).

Sosialisasi tersebut dibuka langsung oleh Kepala Bakesbangpol Dicky Cobandono, S.Sos., M.Si. Turut hadir Prof. Dr. Drs. Widodo, S.H., M.H dosen Universitas Wisnuwardhana Malang, Komisioner KPU Ragil Tri Darmanto, SE serta Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Solehuddin, MH sebagai narasumber di acara tersebut.

Berbagai Elemen masyarakat termasuk Lembaga Organisasi Kemasyarakatan hadir sebagai peserta di sosialisasi pendidikan politik tersebut. Dengan adanya partisipasi dari berbagai elemen masyarakat diharapkan keputusan yang dibuat pemerintah telah sesuai dengan aspirasi dan kehendak rakyat itu sendiri.

Kepala Bakesbangpol Dicky Cobandono, S.Sos., M.Si menilai bahwa tema yang diusung pada kegiatan sosialisasi kali ini sangat strategis. Hal ini memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat, khususnya Organisasi Kemasyarakatan atau Lembaga Swadaya Masyarakat untuk meningkatkan wawasan, kemampuan, kemandirian serta kedewasaan dalam upaya meningkatkan partisipasi politik guna mensukseskan agenda pesta demokrasi lima tahun ini.

“Kami sungguh berharap masyarakat bisa memahami aturan dan ketentuan dalam pelaksanaan Pilpres maupun Pileg nantinya. Sehingga dengan pemahaman yang diterima dari kegiatan ini, masyarakat menjadi cerdas politik dalam memilih atau menentukan sikap terhadap Pemilu atau kebijakan pemerintah itu sendiri,” Kata Dicky Cobandono, S.Sos., M.Si.

Dicky Cobandono menambahkan bahwa perlu adanya persamaan persepsi antara pemangku kepentingan pemilu dalam upaya pencapaian pemilu yang demokratis. Diharapkan dapat mewujudkan kesadaran dan partisipasi berdemokrasi dalam kehidupan bernegara, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan politik bagi masyarakat untuk mendorong peningkatan partisipasi secara maksimal dalam sistem politik. (Mahaputra)

Reporter : A.S Mahaputra
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *