128 views

KABAR PROBOLINGGO : Paparan Abu Vulkanis Bromo Hanya 1 Titik di Wilayah Sukapura

 

 

Probolinggo, MA – Aktifitas vulkanologi Gunung Bromo yang menyemburkan abu tipis, sejak dua hari terakhir disertai asap putih kecoklatan tebal dan tinggi 50-700 meter di atas puncak kawah.

Tak sampai mengguyur seluruh wilayah Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, yang merupakan titik terdekat dengan Gunung Bromo.

Camat Sukapura, Yulius Christian mengatakan, paparan abu vulkanis Gunung Bromo hanya mengguyur daerah Desa Ngadirejo. Hujan abu itu sendirii, terjadi satu kali sekitar pukul 23.00 WIB, pada Senin malam lalu (18/02).

Menurutnya, guyuran abu vulkanis Gunung Bromo berlangsung kurang lebih selama 2 jam. Namun tidak sampai berdampak bagi perkampungan warga lereng Gunung Bromo, maupun lahan pertanian.

“Memang ada paparan abu vulkanis yang sempat turun kemarin mas, tapi gak berdampak karena berlangsung singkat, dan abunya tipis itu pun cuman sekali terjadinya,”jelas, Yulius , Rabu (20/02).

Tak hanya sektor pertanian, Yulius juga menyebut, bahwa sektor pariwisata di sekitar Gunung Bromo masih normal, meski santer beredar kabar Gunung dengan ketinggian 2329 mdpl itu tengah erupsi.

Akan tetapi, Yulius berharap, agar para pengguna sosial media ataupun media meanstream berhati-hati, dalam memberikan informasi tentang aktifitas dan status Gunung Bromo saat ini.

“Baik pengguna Medsos atau media meanstream, saya harap bisa memberitakan fakta yang sebenarnya terjadi terkait aktifitas Gunung Bromo.
Karena kalo salah, malah dampaknya ke sektor pariwisata dan tentunya dapat mematikan sumber mata pencaharian pedagang dan pelaku jasa wisata setempat,”tandasnya.

Sementara data PVMBG, per Selasa (19/02) secara visual Gunung Bromo terlihat jelas hingga kabut 0-III. Dan masih tercium bau belerang ringan di PPGA Bromo.

Untuk kegempaan, Tektonik Jauh (Jumlah : 8, Amplitudo : 3-30 mm, S-P : 19-21 detik, Durasi : 74-245 detik). Tremor Menerus (Microtremor)* terekam dengan amplitudo 0.5-1 mm (dominan 1 mm) atau tetap Level II (Waspada).(Pu2t)

Reporter : Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *