126 views

KABAR PROBOLINGGO : Tahun 2019, Siapkan Anggaran KMK Rp 2,5 Miliar

 

Probolinggo, MA – Sebagai persiapan realisasi Kredit Modal Kerja (KMK) tahun 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro menggelar rapat koordinasi (rakor) KMK di ruang pertemuan Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, Senin (18/2/2019).

Rakor yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko didampingi Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono ini diikuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya Inspektorat, Badan Keuangan Daerah, Bagian Hukum, Bagian Administrasi Perekonomian dan SDA, Bank Jatim Cabang Kraksaan, Bank Jatim Cabang Probolinggo dan Bank UMKM Jatim Cabang Probolinggo.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Probolinggo Nanang Trijoko Suhartono mengatakan rakor realisasi penyaluran KMK ini bertujuan untuk menyamakan persepsi dengan OPD. “Harapannya mampu memberikan pemahaman teknis penyaluran KMK,” katanya.

Menurut Nanang, untuk tahun 2019 plafon KMK untuk koperasi dan UKM mendapatkan dana sebesar Rp 2,5 miliar dengan alokasi UKM sebesar Rp 1,5 miliar, KPRI sebesar Rp 500 juta, usaha sensuko sebesar Rp 250 juta dan Usaha Produktif sebesar Rp 250 juta.

“Ada sebuah rencana perubahan program KMK beralih ke program dana bergulir. Dimana dana bergulir disalurkan melalui bank pelaksana, sedangkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro fokus kepada pembinaan bukan kepada penagihan,” jelasnya.

Nanang menerangkan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro berupaya menyelesaikan tunggakan dengan mengajak Kasi Ekonomi di kecamatan sebagai ujung tombak dalam usaha menagih tunggakan KMK baik pada koperasi maupun KMK. “Diperlukan komitmen baru antara Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dengan bank pelaksana sehingga tunggakan bisa terselesaikan,” tegasnya.

Sementara Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko mengungkapkan tahun 2019 telah disiapkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk UKM dan Koperasi yang penyalurannya melalui Bank Jatim Cabang Probolinggo, Bank Jatim Cabang Kraksaan dan Bank UMKM Jatim Cabang Probolinggo.

“Harapannya sasaran pada UKM yang masih unbankable agar nantinya kebutuhan modal kalau lancar bisa langsung ke perbankan dengan bunga pasar umum. Dengan bantuan KMK, diharapkan UKM bisa meningkatkan produksinya dan bisa menyerap tenaga kerja di lingkungannya,” harapnya. (Pu2t)

Reporter: Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *