132 views

KABAR BLITAR : Kabupaten Blitar Bersiap Menerima Kunjungan dari Duta Besar Dari Timur Tengah Bulan Maret

 

Blitar, MA – Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Blitar menyelenggarakan Rapat Koordinasi Persiapan kunjungan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemenlu RI) Dirjen Aspasaf (Asia Pasifik dan Afrika) bersama Duta Besar negara Timur Tengah ke Kabupaten Blitar di ruang rapat (Candi Simping) lantai II Kantor Bupati Blitar di Kanigoro pada hari Senin (25/02/2019).

Rapat Koordinasi untuk persiapan kunjungan Duta Besar ini dihadiri oleh OPD Pemerintah Kabupaten Blitar yang terkait, juga menggandeng instansi vertikal, unsur kepolisian serta Asosiasi Coklat dan pengelola destinasi wisata di Kabupaten Blitar.

Asisten Administrasi Umum Mahadhin CU mengatakan bahwa kegiatan ini adalah tindak lanjut dari acara Inagurasi Potensi, Wisata dan Investasi oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) pada tanggal 8 Februari 2019 yang lalu di Jakarta. Sebanyak 18 Perwakilan Asing Negara Timur Tengah setingkat Duta Besar saat itu hadir diantara 63 perwakilan negara-negara Asia Pasifik dan Afrika. Sementara itu untuk kunjungan Duta Besar Timur Tengah ke Kabupaten Blitar akan direncanakan pada tanggal 5-8 Maret 2019 nanti.

Luhur Sejati memaparkan penjelasan tentang pentingnya kunjungan Kemenlu beserta Dubes ke Kabupaten Blitar

“Maksud dari kunjungan Duta Besar ini adalah agar pihak asing yang diwakili Diplomat dari negara-negara Timur Tengah memiliki pengetahuan yang komprehensif mengenai potensi TTI (Tourism, Trade and Investment) yang dimiliki oleh kabupaten Blitar,” demikian dikutip dari penjelasan oleh Luhur Sejati selaku Plt Disparbudpora.

Selain itu, adanya kunjungan Duta Besar ini juga bertujuan untuk mengenalkan potensi TTI yang dimiliki Blitar kepada Diplomat dari negara-negara Timur Tengah, memberikan kesempatan kepada Pemerintah dan Pelaku Usaha di Blitar dan sekitarnya untuk menyampaikan langsung dan mendiskusikan potensi TTI yang dimiliki masing-masing agar semakin menarik minat mitra asing untuk bekerjasama di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata, mengenalkan fungsi Kementerian Luar Negeri dan Perwakilan RI di Luar Negeri sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam upaya peningkatan promosi TTI yang dimiliki masing-masing daerah agar dapat menembus pasar internasional. Kunjungan ini juga bertujuan untuk memberikan masukan-masukan dalam upaya perbaikan kinerja promosi TTI di Indonesia dengan melakukan comparative case terhadap hal-hal baik dan telah dilakukan negara lain bagi kemajuan TTI di negaranya untuk diterapkan di Indonesia.

Sampai hari Jum’at (22/02/2019), setidaknya ada enam negara Timur Tengah yang telah memberi konfirmasi atas kunjungannya ke Kabupaten Blitar, yaitu, Bahrain, Jordan, Mesir, Maroko, Irak dan Tunisia. Mereka dijadwalkan akan mengikuti serangkaian acara di Kabupaten Blitar meliputi kunjungan ke sentra IKM dan destinasi wisata, juga beberapa kunjungan membahas TTI (Tourism, Trade and Investment).

Untuk suksesnya kunjungan tersebut, pihak Pemerintah Kabupaten Blitar juga akan menyiapkan penerjemah demi keberlangsungan komunikasi yang efektif antara Pemkab Blitar dan kunjungan Duta Besar asing yang hadir.(Mahaputra)

 

Reporter : A.S Mahaputra
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *