117 views

KABAR PROBOLINGGO : Puluhan Warga Kalianan Dilatih Budidaya Ikan Nila

 

Probolinggo, MA – Puluhan warga Desa Kalianan Kecamatan Krucil, Minggu (24/2/2019) mendapatkan pelatihan budidaya ikan nila dari Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Negeri Jember.

Dalam pelatihan ini, warga Desa Kalianan Kecamatan Krucil diberikan materi tentang teknik budidaya ikan nila meliputi persiapan kolam, penebaran benih, manajemen pakan, pengelolaan penyakit ikan serta analisa usaha.

“Pelatihan ini dilakukan untuk menindaklanjuti permintaan masyarakat yang ingin melakukan budidaya ikan nila dengan memanfaatkan potensi sumber daya air yang sangat melimpah. Hanya saja kami menyarankan agar budidaya dilakukan dalam media kolam dan tidak di sungai, karena arusnya deras sekali,” kata Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kasi Produksi Perikanan Budidaya Asmiyati Kurnianingsih.

Menurut Asmi, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan sumber daya air yang ada di Desa Kalianan Kecamatan Krucil agar dapat menambah pendapatan masyarakat dengan budidaya ikan nila.

“Selain itu memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang teknik budidaya ikan nila di kolam dengan memanfaatkan potensi sumber daya air yang ada di Desa Kalianan Kecamatan Krucil,” jelasnya.

Asmi menerangkan selain potensi sumber daya air, budidaya ikan nila ini harus didukung pula oleh potensi sumber daya manusia. Oleh karena itu, masyarakat harus bisa memanfaatkan potensi tersebut dengan memulai dari dirinya sendiri kemudian membentuk kelompok.

“Melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan sumber daya air untuk budidaya ikan nila sehingga dapat menambah pendapatan keluarga dan memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Selain itu ada semacam perhatian dari pemerintah desa untuk memotivasi dan mengembangkan usaha budidaya perikanan yang ada dengan memanfaatkan potensi yang dimilikinya desanya,” harapnya.(Pu2t)

Reporter : Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *