125 views

KABAR PROBOLINGGO : Sekda Soeparwiyono Resmikan Gudang Arsip Badan Keuangan Daerah

 

Probolinggo, MA – Ada bangunan baru berlantai dua yang baru saja rampung pengerjaanya di lingkungan kantor Bupati Probolinggo. Bangunan dengan luas bidang 7 x 4 meter di pojok belakang sebelah timur itu tidak lain adalah sebuah gudang arsip transit milik Badan Keuangan Daerah Kabupaten Probolinggo.

Karena segera dibutuhkan pemanfaatannya, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Probolinggo, H. Soeparwiyono, SH, MH pun segera meresmikan gudang arsip tersebut, Jum’at (22/02/2019) pagi. Peresmian tersebut ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng dan tasyakuran.

Dalam sambutannya Sekda Soeparwiyono mengemukakan, gudang arsip untuk Badan Keuangan Daerah ini merupakan salah satu evaluasi Pemkab Probolinggo. betapa dibutuhkannya gudang semacam ini, khususnya untuk Keuangan yang memiliki dokumen – dokumen dan arsip yang khas dan memang harus diamankan dari kemungkinan hilang atau tersingsal.

Dimana sebelumnya, kata Sekda Soeparwiyono, arsip – arsip ini seakan tidak terurus dengan baik dan diletakkan di tempat – tempat yang secara estetika kurang sedap di pandang mata. “Oleh karena itu dibutuhkan satu tempat yang baik yang tujuannya agar arsip itu terpelihara dan tersimpan dengan bagus, sehingga Jika suatu saat dibutuhkan mudah untuk mencari nya.

Selain bidang Keuangan, ada satu lagi yang menurut Sekda Soeparwiyono dirasa sangat membutuhkan gudang arsip, yaitu Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dimana disitu juga banyak sekali arsip – arsip yang berkaitan dengan kepegawaian yang harus di simpan dan dirawat dengan baik. Oleh sebab itu pihaknya akan mengusulkan agar tahun depan di anggarkan lagi pembuatan gudang arsip BKD di pojok belakang sebelah Barat.

Sementara Santiyono Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Probolinggo sangat bersyukur atas adanya gudang arsip ini. Karena selama ini banyak arsip yang terbengkalai dan terpaksa diletakkan di tempat – tempat yang masih memungkinkan ditempati tumpukan arsip.

“Dengan adanya gudang ini tentu akan memudahkan kami dalamnya mengelola arsip transit kami selama lima tahun, sampai akhirnya pada tahun ke 6 harus kami serahkan ke Dinas Kearsipan,”

Rencananya gedung terdiri sudah mulai diisi arsip pada hari Senin besok (25/02). Semua tumpukan arsip yang ada di setiap ruangan Badan Keuangan Daerah , akan mulai dipindahkan ke gudang baru tersebut dengan penantaan di urutkan sesuai dengan urutan tahun arsip dan dokumen pada rak rak yang sudah disiapkan. (Pu2t)

Reporter : Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *