104 views

KABAR LUMAJANG : AKBP Arsal kagum dengan air terjun tumpak sewu

Lumajang, MA – Air terjun Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah sebuah air terjun berketinggian sekitar 120 meter yang merupakan air terjun terindah di Pulau Jawa dan Indonesia. Air Terjun Tumpak Sewu memiliki formasi unik karena memiliki aliran air yang melebar seperti tirai sehingga termasuk dalam tipe air terjun Tiered

. Lokasi Air Terjun Tumpak Sewu ada di dalam sebuah lembah curam memanjang dengan elevasi 500 meter di atas permukaan air laut. Air Terjun Tumpak Sewu terbentuk di aliran Sungai Glidik yang berhulu di Gunung Semeru.

Tak mengherankan kalau Pemprov Jatim dalam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 memberikan penghargaan Tumpak Sewu sebagai wisata alam terbaik di Jawa timur. Secara berurut yaitu Terbaik I terpilih Air Terjun Tumpak Sewu Kabupaten Lumajang, terbaik II Wisata Gunung Kelud Kabupaten Kediri, dan terbaik III Watu Rumpuk Kabupaten Madiun.

“Tumpak Sewu adalah kekayaan alam yang bisa menjadi tujuan wisata, bisa menyerap tenaga kerja dan mengurangi kenakalan remaja dan aksi kriminalitas,” ungkap Kapolres Lumajang, AKBP Arsal Sahban,

Dia juga sangat salut dengan prestasi yang mampu diraih oleh pihak pengelola dilakukan masyarakat setempat. Sehingga, ada nilai lebih dalam menjaga kelestarian alam dijadikan obyek wisata.

“Lumajang dikaki Gunung Semeru memiliki pemandangan alam luar biasa, seperti Surga di Pulau Jawa,” paparnya.

Dimedia sosial khususnya Instagram, Air Terjun Tumpak Sewu juga sudah mendapat predikat sebagai salah satu spot petualangan yang instagrammable. Banyaknya para petualang yang datang ke sini, baik yang berasal dari dalam negeri sendiri maupun mancanegara, dikarenakan oleh treknya yang mudah dilalui letaknya pun sangat mudah dekatnya akses jalan yang bikin ketertarikan banyak.wisatawan lokal maupun intèrlokal/ mancanegara.

Air Terjun Tumpak Sewu berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.Meski berada di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang, namun wisata Air Terjun Tumpak Sewu umum dijangkau melalui Kabupaten Lumajang melalui jalan nasional rute 3 lintas selatan Jawa Timur.

Jika berangkat dari Malang, Anda bisa memilih rute perjalanan Bululawang – Dampit – Tirtomoyo – Pronojiwo – perbatasan Lumajang dan Malang. Setelah sampai di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, wisatawan akan melihat pintu masuk obyek wisata Air Terjun Tumpak Sewu di tepi jalan. Jalan tersebut muat dua kendaraan saat berpapasan.dan jaraknya pun tidak terlalu jauh dari jalan nasoinal hanya berjarak 500.m saja.

Anda pun bisa langsung parkir di tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Air Terjun Tumpak Sewu sangat mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum berupa minibus. Bus-bus dengan rute Lumajang – Malang atau sebaliknya biasanya beroperasi mulai pukul 07.00 WIB dan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB.

Di samping Air Terjun Tumpak Sewu, disekitar lokasi tersebut ada juga wisata lainnya yang tidak kalah menariknya yaitu wisatawan bisa menikmati permainan arum jeram dan bagi pecinta Jeep juga ada wisata jalur offroad di lereng gunung semeru. Sehingga tidak hanya disajikan wisata mata saja tapi juga ada wisata adrenalin. Dengan uji nyali di sekitar lereng semeru banyaknya tempat wisata yang dimiliki oleh Kabupaten Lumajang, makaLumajang semakin terkenal di dalam negeri maupun luar negeri.sehingga bisa setara dengan tempat”terkernal lainya.pungkasnya(Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *