132 views

KABAR PROBOLINGGO : Dinas Perikanan Tebar 12 Ribu Benih Ikan Nila

 

Probolinggo, MA – Dalam rangka upaya melestarikan biota perairan umum dan peningkatan gizi masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo melalui Dinas Perikanan (Diskan) bekerja sama dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melakukan penebaran 12 ribu benih ikan nila di Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan, Minggu (24/2/2019) sore.

Kegiatan ini dilaksanakan di sela-sela kegiatan Caturwulan ke-X bagi Dewan Kerja Cabang (DKC), Brigade Penolong (BP) 13.13 dan Pramuka Penegak/Pandega se-Kabupaten Probolinggo yang dilaksanakan oleh Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Penebaran ribuan benih ikan nila di Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan ini secara simbolis dilakukan oleh Wakil Bupati Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi oleh Forkopimka Tegalsiwalan dan petugas dari UPT Perikanan Budidaya Air Tawar/Air Payau Diskan Kabupaten Probolinggo.

Kepala Diskan Kabupaten Probolinggo Dedy Isfandi melalui Kepala Bidang Perikanan Budidaya Hari Pur Sulistiono mengatakan penebaran benih ikan di perairan umum Rawa Sukolilo ini merupakan upaya pelestarian biota perairan umum yang bertujuan agar populasi biota air tidak mengalami kekosongan.

“Penebaran benih ikan di perairan umum ini bertujuan untuk melestarikan biota air perairan di Kabupaten Probolinggo agar tetap hidup dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu nantinya bisa menjadikan Rawa Sukolilo sebagai salah satu destinasi wisata mancing di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Menurut Ipung, panggilan akrab Hari Pur Sulistiono, penebaran benih ikan ini dilakukan untuk melestarikan sumber daya ikan yang ada di Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan. Sehingga nantinya diharapkan bisa meningkatkan ekonomi dan gizi masyarakat.

“Ikan-ikan yang ada di Rawa Sukolilo ini boleh ditangkap, tetapi harus menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan. Bagi masyarakat yang gemar memancing atau menangkap ikan maka secara otamatis semakin banyak masyarakat yang mengkonsumsi ikan. Dengan demikian peningkatan gizi masyarakat akan terjaga dengan sendirinya,” tegasnya.

Melalui penebaran benih ikan nila ini Ipung mengharapkan dapat memperbaiki sumber daya ikan di perairan umum di Kabupaten Probolinggo. “Serta memicu tumbuhnya kegiatan ekonomi di sekitar Rawa Sukolilo. Karena jika ada yang mancing, otomatis akan ada penyedia makanan dan minuman sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkasnya. (Pu2t)

 

Reporter : Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *