140 views

KABAR PROBOLINGGO : Kwarcab Pramuka Gelar Kegiatan Caturwulan X

 

Probolinggo, MA – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melalui Dewan Kerja Cabang (DKC), Brigade Penolong (BP) 13.13 dan Pramuka Penegak/Pandega se-Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan Caturwulan X atau Tribulan 24 di sekitar Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan, Jumat hingga Minggu (22-24/2/2019).

Selain Caturwulan X, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Majelis Pembimbing Desa dan pengurus Kwartir Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Tegalsiwalan masa bhakti 2019-2024.

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Hukum sekaligus Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak H Sudjono ini diikuti 536 orang pramuka penegak/pandega dari utusan gugus depan pangkalan sekolah SMA/SMK/MA dan perguruan tinggi di Kabupaten Probolinggo.

Caturwulan X ini berisi kegiatan bhakti masyarakat berupa bersih-bersih tiga titik jalan, pengecatan musholla serta pembuatan gubuk pancing dan jembatan di obyek destinasi wisata Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan. Dalam kegiatan ini juga dilakukan peringatan Hari Boden Powell atau Bapak Pandu Dunia dan Pramuka Bersholawat.

Kegiatan Caturwulan X ini ditutup secara resmi oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko, Minggu (24/2/2019). Dalam penutupan ini juga dilakukan penebaran 12 ribu benih ikan nila bantuan dari Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo di Rawa Sukolilo Desa Blado Kulon Kecamatan Tegalsiwalan

Dalam sambutannya Kak Timbul Prihanjoko mengaku sangat bangga terhadap adik-adik pramuka penegak/pandega yang melaksanakan kegiatan pada Caturwulan X ini. Dimana adik-adik pramuka telah mengabdikan diri untuk kepentingan masyarakat dengan kegiatan bhakti masyarakat dan ikut mensukseskan obyek wisata Rawa Sukolilo.

“Paling tidak keberadaan Rawa Sukolilo ini dapat dijadikan sebagai aset desa untuk bisa dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu destinasi wisata baru di Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Didik S Wahjudi mengatakan kegiatan Caturwulan X ini bertujuan sebagai bentuk pembinaan kepada BP 13.13 dan DKC serta memberikan pengalaman baru yang inovatif dan kreatif serta pengabdian kepada masyarakat bagi adik-adik pramuka panegak/pandega di jajaran Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo. Kegiatan ini lebih difokuskan kepada kegiatan-kegiatan yang menyentuh dan berguna bagi masyarakat.

“Melalui kegiatan ini diharapkan pramuka penegak/pandega di Kabupaten Probolinggo nantinya lebih inovatif, kreatif dan tidak meninggalkan pengembangan di gugus depannya masing-masing serta tidak melupakan kegiatan yang dicanangkan pada tahun 2019 dengan tema kembali ke gugus depan. Serta pramuka lebih peduli kepada lingkungan, pelestarian alam dan pengabdian kepada masyarakat,” harapnya.

Kegiatan Caturwulan X ini juga dimeriahkan dengan lomba dayung ban, lomba fotografi serta Sangga Tergiat. Dari hasil penilaian, untuk lomba dayung ban, juara 1 diraih SMAN 1 Gending, juara 2 diraih MA Zaha Genggong dan juara 3 diraih SMKN 1 Banyuanyar. Selanjutnya lomba fotografi, juara 1 diraih SMK Nurur Rahma Paiton, juara 2 diraih Racana Inzah dan juara 3 diraih SMA Nurul Jadid Paiton.

Sementara untuk Sangga Tergiat Putra, juara 1 diraih SMAN 1 Sukapura, juara 2 diraih SMAN 1 Gending dan juara 3 diraih SMA Taruna Dra Zulaeha Leces. Kemudian Sangga Tergiat Putri, juara 1 diraih SMAN 1 Sukapura, juara 2 diraih SMA Zaha Genggong dan juara 3 diraih SMA Taruna Dra Zulaeha Leces.

Dalam forum terbuka perwakilan peserta mengharapkan Caturwulan dilanjutkan kembali setelah 24 kecamatan tercapai dengan usulan caturwulan atau per semester. Usulan ini selanjutnya akan dibahas dalam Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Kwarcab Geraka Pramuka Probolinggo. (Pu2t)

 

Reporter : Mahfudz
Editor : Senopati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *