116 views

KABAR LUMAJANG : Forji Peringati HPN 2019 , Sekaligus Menggelar Khitanan Massal dan Lomba Karya Tulis

 

 

Lumajang, MA – Seiring perjalanan waktu, Pers mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Mulai dari belenggu kolonialisme hingga masa kebebasan pers. Maka dari itu, diharapkan, melalui peringatan HPN, insan pers dan masyarakat sudah seharusnya senantiasa berbenah dan mewujudkan cita-cita Indonesia.

Berbagai kegiatan diselenggarakan untuk menyemarakkan Hari Pers Nasional, Demikian juga yang dilakukan Forum Jurnalis Independen Lumajang, atau yang lebih dikenal dengan sebutan FORJI.

Lembaga independen yang dikomandani oleh Bawon Sutrisno, S.Sos juga menggelar kegiatan untuk memperingati HPN tahun ini. Kegiatan kali ini, yang diadakan FORJI berbeda dengan peringatan HPN oleh lembaga lain. Terlihat, peringatan HPN tahun ini FORJI menggelar khitanan massal dan lomba karya tulis tingkat SMP sederajat yang berlangsung di dua tempat yakni Balai Desa Kunir dan SMP Negeri 1 Kunir.

Pada gelaran khitanan massal, diikuti oleh 10 peserta yang keseluruhannya berasal dari kecamatan Kunir. Demikian juga pada lomba karya tulis, 265 peserta merupakan siswa SMP sederajat di kecamatan Kunir.

Pada peserta khitan massal panitia mengalokasikan uang saku, baju, sarung dan tumpeng. Demikian juga untuk lomba karya tulis, panitia menyediakan total hadiah 3 juta rupiah.

 

Bawon sutrisno S.Sos kepada media Abpedsi.com mengatakan,” kegiatan HPN selayaknya dijadikan ajang bakti sosial pada masyarakat oleh insan pers.

“Kegiatan berbasis sosial, akan lebih memperkuat peran pers sebagai fungsi kontrol jalannya roda pemerintahan terhadap kebijakan publik, sebab insan pers akan lebih bisa mendengar suara masyarakat ketika kita berinteraksi langsung,” jelasnya.

 

Sementara itu, cak duki selaku panitia memaparkan, kegiatan berbasis sosial yang digelar FORJI tentunya akan membawa dampak positif bagi Pers. Betapa tidak, lanjut cak duki ketika masyarakat dan insan Pers saling bersinergi, peran dan fungsi Pers akan membawa manfaat bagi kemajuan bangsa ini.

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk menunjukan eksistensi Pers dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara,” papar cak.duki

Cak duki menambahkan, saat ini momentum yang tepat untuk meningkatkan pengabdian kita (sebagai insan pers) pada masyarakat pungkasnya(Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *