115 views

KABAR LUMAJANG : Bupati Lumajang Secara Resmi Buka Pekan Keterampilan Dan Seni PAI

 

Lumajang, MA – Pendidikan Agama harus ditanamkan beriringan dengan pendidikan umum, agar jati diri anak terbangun menjadi pribadi yang mandiri di kemudian hari. Hal itu disampaikan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat membuka kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah Lumajang, Sabtu (02/03/2019).

Pembentukan karakter anak menurut Bupati Cak Thoriq tak terlepas dari peran para guru. Ia meminta agar guru semakin inovatif dan mampu menjadi contoh bagi anak didiknya.

“Saya bangga Pendidikan Agama Islam di jenjang Sekolah Dasar lebih baik, sudah banyak anak-anak SD yang sudah hafal Jus Amma, bisa tilawah, sudah lebih baik. Saya yakin Pendidikan Agam Islam di SD akan terus berkembang, terus lebih baik, bersamaan dengan kualitas para gurunya,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Cak Thoriq mengetes satu persatu hafalan bacaan Ayat Suci Al Qur’an beberapa siswa Sekolah Dasar. Hafalan Surat An Naba’ dan Al Mulk diawali oleh Cak Thoriq diteruskan satu persatu oleh siswa.

Bupati mengaku bangga dengan kemampuan hafalan siswa-siswi tersebut. Hal itu menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam pada jenjang Sekolah Dasar semakin baik.

“Ini bukti bahwa anak-anakku semua, anak Sekolah Dasar sudah mempunyai ilmu pengetahuan agama Islam yang luar biasa,” ucapnya bangga.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang, Winadi menjelaskan bahwa pendidikan agama dan pendidikan umum harus disejajarkan. Kegiatan ini menurutnya wadah yang cocok untuk membekali mental spiritual siswa Sekolah Dasar.

Kegiatan ini diikuti perwakilan Sekolah Dasar dari 21 Kecamatan se-Kabupaten Lumajang dengan total 462 peserta. Mereka akan memperebutkan trofi hadiah dari beberapa lomba, diantaranya Cerdas Cermat PAI, Kithobah atau Pidato, Musabaqoh Tilawatil Qur’an, Musabaqoh Insanul Qur’an, Tartilul Qur’an, Kaligrafi dan Puisi Islami. (Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *