133 views

KABAR SEMARANG – Daya Beli Kendaraan Semakin Bertambah, Diharapkan Masyarakat WP Tertib Membayar Pajak Kbm

 

 

SEMARANG, MA – Sosialisasi terhadap masyarakat wajib pajak sebagai upaya untuk mengingatkan sekaligus untuk memberikan kesadaran akan kewajibannya membayar pajak kendaraan bermotor terus dilakukan Unit Pelayanan Pendapatan Daerah (UPPD) Kota Semarang III.
Sosialisasi selalu dilakukan dengan strategi yang cerdas agar visi yang dibawa bisa sampai ke wajib pajak.

Termasuk saat wisuda mahasiswa Universitas Islam Negeri Semarang, belum lama ini dimanfaatkan UPPD/Samsat Kota Semarang III untuk sosialisasi dengan menggelar stan Samsat.

Menurut Kasi Pajak Kbm, UPPD Kota Semarang III, Sofi, sosialisasi ini sengaja dilakukan di tempat yang bisa mengenai sasaran sampai ke wajib pajak. Termasuk saat wisuda UIN Semarang ini dimana banyak orang tua /sanak saudara yang hadir mendampingi anaknya. Sehingga ini prospek untuk menjaring obyek pajak sekaligus sosialisasi. Ibarat pepatah sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui,” katanya.

Sofi mengatakan, dalam sosialisasi tersebut kami tekankan bahwa membayar pajak kbm merupakan kewajiban wajib pajak yang seyogianya harua ditaati dan dipatuhi. Sehingga dari pajak kbm ini bisa dikembalikan lagi untuk kebutuhan daerahnya.

Selain itu, kami sosialisakan pula layanan Samsat seperti kemudahan membayar pajak kbm yang sudah On line, pembayaran sudah bisa lewat aplikasi Sakpole, termasuk kami informasikan pula rencana aturan terbaru yakni kendaraan bermotor yang tidak melakukan regiatrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku STNK, maka dapat dihapus dari data base samsat.
Sehingga kendaraan bermotor yang telah dihapus tidak dapat di registrasi kembali sehingga tidak dapat dioperasionalkan alias bodong.

“Sosialisasi ini juga merupakan upaya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah,” tukasnya.

Sosialisasi ini juga melibatkan mitra kerja Samsat yakni Kepolisian dan Jasa Raharja.
Selain sosialisasi kami juga membuka stan Samsat sehingga bisa menjaring wajib pajak dan juga tidak sedikit yang memanfaatkan stan ini untuk membayar pajak kbm. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *