144 views

KABAR PROBOLINGGO : Sinergitas 3 Pilar Kota Probolinggo Bersilaturrahmi Ke Takmir Masjid Untuk Mensukseskan Pemilu 2019

Probolinggo, MA – Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal, SH SIK MH dan Komandan Kodim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo SE M.I.Pol melaksanakan Silaturahmi dan Sosialisasi dengan Takmir Masjid sekecamatan Mayangan dan kecamatan Kanigaran di Masjid An-Nur jln Hasyim Ashari No 02 kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo, Rabu (27 Maret 2019).

Adapun kegiatan diawali dengan melaksanakan Sholat Ishak berjamaah. Usai sholat Ishak, sambutan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal, SH SIK MH menyampaikan, Hari ini kita sama sama berkumpul dalam rangka Silaturahmi dan Sosialisasi dengan 3 Pilar dengan Takmir Masjid sekecamatan Mayangan dan kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo. Ini merupakan momentum luar biasa yang menunjukkan sinergitas TNI dan Polri bersama rakyat menjelang pesta demokrasi 2019.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain AKBP Alfian Nurizal, SH SIK MH (Kapolresta Probolinggo), Letkol Inf Imam Wibowo SE M.I.Pol (Dandim 0820 Probolinggo), Kompol Imam Pauji, SH M.Si (Wakapolresta Probolinggo), Kompol Ahmad Firman W, S.E., S.H.( Kapolsek Mayangan Polresta Probolinggo), Kapten Inf Gatot Wiyono (Danramil 0820/01 Kanigaran), Moch. Abas M. Si (Camat Mayangan Kota Probolinggo), Azam Fikri, SE ( Ketua Bawaslu Kota Probolinggo ), Musyafiudin Ahmad, S. Ag (Kemenag Kota Probolinggo), Dawam Ikhsan, S.Ag (Mewakili MUI Kota Probolinggo), Para Kabag dan Kasat Polresta Probolinggo, perwakilan Anggota Kodim 0820 dan Anggota Polresta Probolinggo, perwakilan Takmir Masjid Se- Kecamatan Mayangan dan Kecamatan Kanigaran Kota Probolinggo.

Dalam kesempatan ini, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurizal, SH SIK MH menerangkan bahwa dibukanya masa kampanye terbuka mulai Minggu, (24/3/2019) di indikasikan dapat memberikan celah bagi pihak-pihak tidak bertanggung jawab untuk berkampanye di tempat ibadah.

Padahal sesuai UU peraturan pemilu, melarang kegiatan kampaye di tempat-tempat ibadah.

Kekhawatiran itulah yang menjadikan Kapolres Probolinggo Kota mengingatkan para takmir masjid agar terhindar dari politik praktis.

“Tentunya kami mendengar beberapa informasi adanya kampanye dan kegiatan berpolitik praktis di tempat ibadah khusunya masjid. Tindakan tersebut adalah sesuatu yang tidak baik dan dilarang undang-undang,” ujar kapolres Probolinggo Kota.

Kapolres Probolinggo kota berharap pesta demokrasi yang tinggal menunggu hari ini dapat berjalan aman, damai, dan sejuk.

“Acara ini adalah upaya untuk menetralisir kegiatan politik praktis di masjid. Berbicara politik boleh, asalkan demi tujuan pemilu yang damai, bukan untuk kampanye,” ujar kapolres Probolinggo Kota.

Usai sambutan Kapolres probolinggo kota dilanjutkan sambutan dari Dandim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo SE M.I.Pol menambahkan Masjid tidak boleh menjadi tempat mobilisasi massa pendukung calon manapun.

Apalagi mendeklarasikan diri mendukung calon tertentu. Artinya masjid semestinya digunakan sebagai tempat ibadah dan sosial keagamaan. Kami berharap semoga masjid dan musholla di Probolinggo kota tidak dijadikan tempat berpolitik praktis.

Sehingga peran takmir masjid untuk bisa menghindar dari praktik kampanye hitam di tempat-tempat ibadah sangat di butuhkan, ” tambahnya.

Menurut Letkol Inf Imam Wibowo SE M.I.Pol. Pemilu 2019 merupakan Pemilu yang bersejarah karena serentak untuk memilih 5 pemimpin baik Presiden ataupun Legislatif. Namun, Pemilu juga berpotensi menimbulkan kerawanan dan potensi konflik.

Maka dari itu dalam kesempatan yang baik ini Dandim meminta para takmir masjid untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk dengan cara menghimbau jemaah untuk mengedepankan akal sehat dan yang paling penting datang ke tempat pemungutan suara (TPS) pada hari H nya nanti.
” Datanglah dan ajaklah masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara guna melaksanakan hak pilihnya dalam mencoblos guna mensukseskan pemilu 2019 “.Pesan Dandim 0820/Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo SE M.I.Pol.(Pu2t)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *