122 views

KABAR PROBOLINGGO : Danramil Gending bersama Masyarakat Semarakan Hari Air Sedunia

Probolinggo, MA – Danramil 0820 – 19/Gending Kapten Inf Asto bersama dengan para anggotanya (para Babinsa) turut menyemarakan menanam bibit mangrove bersama masyarakat lainnya di Pantai Gending Dusun Buyut Desa/Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo, Selasa (9-4-2019)

Penanaman yang diawali mulai pkl. 06.30 Wib melibatkan Muspika Gending berikut Tagana, mahasiswa UPM, Pecinta Alam, Pramuka, Pelajar dan PMI. Pimpinan institusi hadir maka perangkat dibawahnya turut serta. Perangkat desa dan kecamatan setempat turut andil bagian. Setidaknya kurang lebih 250 orang hadir dan menanam bibit mangrove. Sekitar 5000 bibit telah tertanamkan dengan harapan memperkaya ekosistem mangrove yang sudah ada sebelumnya.

Penghijauam dengan mangrove ini sekaligus termonumenkan dalam peringatan Hari Air Sedunia. Sehingga, dari Dinas Kehutanan Provinsi Jatim, perwakilan dari Dinas Kelautan dan Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo ambil bagian juga. Pada posisi sepanjang pantai Utara Probolinggo rentan dengan rob. Walau dipandang biasa, tetap saja menjadi perhatian untuk kedepan dalam penataan ekosistem pinggir pantai berikut pemukimannya. Selain itu, memgharapkan bisa memperkaya biota pantai atau laut yang bisa memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat dengan kehidupan ikannya yang bisa semakin bertambah.

Terlihat sebagai angka yang besar, namun jumlah 5000 bibit mangrove bisa dengan cepat tertanam seluruhnya. Himbauan pula bagi masyarakat setempat di Dusun Buyut agar tanaman mangrove ini bisa dijaga pertumbuhannya. Sama-sama untuk merawat dan melestarikan alam. Tepat pkl.08.30 Wib kegiatan penghijauan usai.(Senopati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *