162 views

KABAR KOTA PROBOLINGGO : Pacu Inovasi Dengan Rutin Adakan GIPP

Kota Probolinggo, MA Untuk ketiga kalinya, Pemerintah Kota Probolinggo mengadakan Gelar Inovasi Pelayanan Publik (GIPP). Agenda rutin tiap dua tahun sekali itu sengaja digelar untuk memacu OPD se-kota melakukan inovasi demi mempermudah pelayanan serta memberikan manfaat bagi masyarakat.

Masukan event tersebut disampaikan oleh Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin usai memyerahkan hadiah bagi OPD yang memiliki inovasi terbaiknya. Di Gedung Paseban Sena, Kamis(11/4) pukul 09.00 WIB ratusan peserta menyimak penentuan pemenangnya.

Dari 46 proposal yang diajukan kepada dewan juri, setelah diseleksi dan dilakukan penilaian diperoleh 15 nominasi inovasi pelayanan publik.

Diantaranya, Bazar Pelayanan Majengan Berlari dan Kampung Inggris Wisata Benteng dari Kecamatan Mayangan, Kampung Tematik dan BPJS Bangkit (Berkas Pelayanan Jalan Sendiri) dari Kecamatan Kademangan. SARI PERAK JOSS (satu hari perawatan keluarga,jemput, obati sampai sembuh) program UPT Puskesmas Sukabumi.

d47835ac fa6f 4d6d bf8c c6bf2791bac4
Dari sekolah juga menunjukkan inovasi dengan nama yang unik karena berbasis IT. Yaitu, Gurita Schematics Centre program milik SMPN 1, DILLAN program digital information library and local network dari SMPN 5, Si LIONESTU program literasi on line SMPN 7, DES School Digital Excellent Service School SMPN 4.

9 OPD tersebut menerima penghargaan dari Wakil Wali Kota Probolinggo, HMS. Subri. Sedangkan 6 pemenang inovasi terbaik menerima hadiah yang diserahkan Wali Kota Probolinggo.

“Saya mengapresiasi program seperti ini. Bisa memotivasi OPD untuk terus berinovasi. Ke depan harus lebih baik, dikembangkan lagi terutama dari sisi manfaat bagi masyarakat,” pinta Habib Hadi, mantan anggota DPR RI ini.

Adapun 6 inovasi terbaik sebagai pemenang. Pertama, diraih UPT Puskesmas Jati dengan programnya Tabung Beras (Tabungan Bersama Rumah Sehat). Kedua diraih oleh UPT Puskesmas Kanigaran program Teman Bahagia (Sistem Pembinaan bagi penderita gangguan jiwa). Ketiga dimenangkan SMPN 8 dengan nama Masuk Pak Eco( manfaat sumber kekayaan dan pengelolaan alam melalui Eco print).

Untuk 3 terbaik berikutnya, Jurus AK 3 (Jadi Sekali Urus Akta Kematian, Kartu Keluarga, KTP el) Dispendukcapil. Anak Dekat Dengan Satwa (ADEK DEWA) dari UPT Informasi dan Pendidikan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup. Terakhir, Program Segitiga Bermuda yang merupakan kepanjangan dari Sekolah digital dan teknologi informasi gadget berorientasi mutu dan karakter milik Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga. (Mahaputra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *