192 views

KABAR SEMARANG : Gisikdrono Kelurahan Percontohan Kota Semarang

SEMARANG, MA –
Sebagai Kelurahan Percontohan di Kota Semarang, Kelurahan Gisikdrono, senantiasa menjaga dan mengantisipasi persoalan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

Kamtibmas merupakan salah satu unsur yang penting dalam memberikan kenyamanan dan rasa aman kepada masyarakat di wilayah Gisikdrono. Sehingga hal ini menjadi perhatian bersama dalam menciptakan lingkungan yang kondusif.

Hal itu dikatakan Lurah Gisikdrono, Riyanto saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini. Dia mengatakan, langkah-langkah untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas di wialayahnya, kami setiap bulan mengadakan pertemuan rutin dengan unsur lembaga masyarakat seperti LPMK, RW, dan tokoh masyarakat.

Dalam rapat tersebut kita membahas banyak hal termasuk menyangkut kamtibmas di wilayah Gisikdrono. Dari pertemuan ini nanti akan diteruskan ke Rt masing-masing kepada warganya.

Selain itu kami juga mendatangani pengajian baik dalam rangka memperingati hari besar agama maupun hajatan yang diadakan mushola, Rt/Rw maupun warga.

Dalam pengajian tersebut kami selalu menghimbau pentingnya untuk menjaga kerukunan antar warga. Sehingga tidak mudah terpancing dengan isu hoax yang ada di medsos.

Kami tekankan, bila menemui masalah lebih baik diselesaikan dulu secara baik-baik melalui Ketua Rt setempat. Bila memang buntu barulah ke tingkat yang lebih tinggi,” ujar Riyanto.

Peran linmas juga tidak bisa ditinggalkan. Linmas selalu aktif dii posko induk dan tiap malam secara bergantian memantau wilayah Gisikdrono yang memiliki 13 RW, 105 RT dan penduduknya kurang lebih 21 ribu.

Tentu keamanan swadaya ini di back up oleh bhanbinkamtibmas dari polsek setempat sebagai unsur penanggungjawab keamanan. Belum lagi ditambah adanya tim sriti dari polrestabes Semarang yang selalu memonitor setiap saat.

Untuk mengantisipasii kenakalan remaja, kebetulan Kelurahan Gisikdrono termasuk kategori teladan dalam penananganan pola asuh anak dan remaja.

Diakuinya, bahwa permasalahan kriminalitas atau kejahatan sebetulnya bisa disegala sendi kehidupan. Bisa remaja, orang tua, KDRT, dan lain-lain. Sehingga ini menjadi tanggung jawab bersama.

Sementara saat teror pembakaran mobil melanda kota Semarang bebeapa waktu lalu, Kelurahan Gisikdrono merupakan salah satu yang disambangi Kapolda Jateng, Irjen Pol Chondro Kirono untuk sidak. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *