274 views

KABAR SEMARANG : Semarang Utara Terus Berbenah Membangun Wilayahnya

SEMARANG, MA –
Sebagai daerah yang dulu mempunyai image dengan tingkat kriminalitas tinggi, karena penduduknya yang hetoregen serta wilayahnya yang dekat dengan obyek keramaian seperti pelabuhan, stasiun, dan pasar, menjadikan wilayah Kecamatan Semarang Utara dilirik banyak orang. Walau kini tindak kejahatan telah bergeser bisa dimana saja.

Dengan berjalannya waktu Kec Semarang Utara terus berbenah dan memperbaiki diri untuk membangun bagi kemajuan wilayahnya.

Camat Semarang Utara, Aniceto Magno da Silva, melalui Sekretaris Kecamatan Semarang Utara Nuryanto, dalam rangka menjaga dan mengantisipasi kamtibmas telah melakukan upaya-upaya pencegahan dengan melakukan patroli rutin dengan melibatkan sinergisitas unsur masyarakat dan aparat terkait.
Patroli rutin ini dilakukan Babinsa, Bhabinkamtibmas dan unsur.masyarakat setiap saat malam hari ini dari jam 22.00 wib hingga menjelang subuh.

Nuryanto mengatakan, biasanya kejadian tindak kejahatan sering dilakukan pada dini hari yakni di atas jam 3 hingga menjelang subuh. Karena jam segini, kata simbah dulu, ibarat orang tidur lagi lelapnya. Kedua, biasanya pos kamling juga sudah kosong. Ini memungkinkan pelaku kriminal memanfaatkan senggang waktu sepi tersebut untuk beraksi.

Seperti kejadian belum lama ini di kota Semarang yakni teror pembakaran kendaraan dan tawuran geng motor.

Dalam melakukan patroli ini kita tidak serta merta memberikan tindakan kepada masyarakat yang ditengarai melakukan pelanggaran. Kita bisa melihat skala prioritasnya dulu. Namun prinsip kita adalah pencegahan dan pembinaan dulu.

“Kita melakukan patroli rutin ini tidak hanya mencegah kriminalitas saja tapi sekalian membawa manfaat yang lain. Istilahnya sekali jalan tapi persoalan lainnya bisa kita tangani,” katanya.

Selain mengantisipasi kamtibmas, kita juga melakukan kegiatan bhakti sosial kepada mereka yang membutuhkan. Kita tau, bahwa masyarakat Semarang Utara juga banyak bermukim penduduknya yang kategori menengah ke bawah.

Apalagi ini musim hujan, wilayah kec Semarang Utara termasuk salah satu yang mudah tergenang air/banjir sehingga kami juga sering mengingatkan masyarakat agar antisipasi bila hujan turun deras.

Untuk kenakalan remaja, diakuinya bahwa tawuran menjadi catatan tersendiri. Pola asuh pembinaan dan kegiatan positif selalu kita berikan di masing-masing kelurahan.

Peran dari keamanan swakarsa yang datang dari kesadaran masyarakat juga tak bisa ditinggalkan karena dari mereka peredam dan peringatan dini gejolak memanas bisa diatasi.
Kenyamanan dan aman terkendali merupakan harapan kami sebagai aparatur pemeritah Kec Semarang Utara sehingga masyarakat dalam melaksanakan aktifitasnya juga nyaman. (wan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.