162 views

KABAR LUMAJANG : Pemkab Lumajang Gelar Forum Komunikasi Guna Mendukung Germas Di Lumajang

Lumajang, MA – Agar pelaksanaan Gerakan Masyarakat Sehat (GERMAS) di Kabupaten Lumajang lebih optimal, Pemerintah Kabupaten Lumajang menggelar Forum Komunikasi di Hall Arjuna Hotel Gajah Mada, Kamis (18/04/2019).

Plt. Kepala Bappeda Lumajang, Retno Wulan Andari kepada media Abpedsi.com menyampaikan,” bahwa kegiatan itu sekaligus untuk memonitor dan mengevaluasi pelaksanaan GERMAS secara berkala dengan melibatkan lintas sektor.

Gerakan masyarakat hidup sehat merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan bagi setiap orang untuk hidup sehat agar peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya dapat terwujud.

“Adapun tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu tersampaikannya informasi tentang optimalisasi GERMAS dalam mendukung program prioritas, peran lintas sektor dalam mengkampanyekan GERMAS, dan informasi kegiatan GERMAS tahun 2019 oleh lintas sektor dan lintas program” jelasnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa GERMAS dilaksanakan dengan pendekatan multisektor. Setiap pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah diharapkan dapat mendukung suksesnya pelaksanaan GERMAS sesuai tugas pokok dan fungsinya.

Dalam kesempatan yang sama, Staf Bidang Pemerintahan Bappeda Provinsi Jawa Timur, Andi Perdana dalam paparannya berharap Perangkat Daerah dapat berkontribusi baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mendukung upaya peningkatan kesadaran masyarakat melalui kampanye dan edukasi hidup sehat dan perubahan perilaku hidup sehat.

“Kami harapkan semua OPD yang mendukung pelaksanaan GERMAS dapat dioptimalkan lagi sesuai dengan tugas dan fungsinya yang nantinya dapat mengatasi permasalahan kesehatan seperti stunting,” jelasnya.

Pada pertemuan ini, Staf Seksi Promkes Bidang Kesmas Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Lestari menyampaikan bahwa permasalahan kesehatan yang ada di masyarakat tidak dapat diselesaikan oleh Dinas Kesehatan saja, namun perlu kerjasama dan dukungan lintas sektor.

Kegiatan ini diikuti 30 peserta dari lintas sektor yang tergabung dalam Forum GERMAS. (Djaka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *