129 views

KABAR PASURUAN : SMAN I Pandaan kembali menorehkan prestasi di bidang seni dan budaya.

Pasuruan, MA – Kali ini, 13 pelajar yang tergabung dalam D’Laras SMANDA berhasil menjadi Juara II dalam Pekan Seni Pelajar (PSP) kategori Musik Tradisi Tingkat Provinsi Jawa Timur yang digelar di Taman Budaya Cak Durasim, Surabaya, 4-6 April 2019 lalu.

Mereka berhasil mengalahkan banyak peserta yang berasal dari berbagai sekolah kenamaan di Jawa Timur.

Asis Al Dona Margaretha, pencipta sekaligus guru Pembina D’Laras Kepada Media Abpedsi.com mengungkapkan,” music tradisi yang ditampilkan adalah Dolanan Manten, sebuah kombinasi dari tradisi dolanan yang diaransemen dengan alunan music gamelan plus karawitan. Sehingga dijadikan sebuah kesenian yang kekinian.

“Dulu pas kecil kita ada yang namanya dolanan gotri ala gotri. Nah, di salah satu lirik lagunya khan ada yang berbunyi “Mbesok Gede titenono dadi opo. Dadi manten. Nah itu yang kita ambil jadi sebuah kesenian,” katanya.

Untuk menciptakan kesenian tersebut, butuh waktu beberapa hari saja. Meski begitu, intensitas latihan yang diterapkan ke semua anak binaannya cukup banyak. Hal itu dilakukan demi dapat menciptakan sebuah kesenian yang berkualitas.

“Idenya cepat sekali. Tapi untuk mewujudkannya agak susah, karena kita ingin menampilkan sebuah kesenian yang jadul tapi menjadi kekinian, nah itu PR nya, dan Alhamdulillah bisa,” ungkapnya kepada Suara Pasuruan.

Sementara itu, Ariadi Nur Awalukianto selaku Kepala SMAN I Pandaan mengaku bangga dengan prestasi yang baru saja diraih anak didiknya tersebut.

“Alhamdulillah, kalau anak-anak tinggal diarahkan saja. Hebat-hebat, karena kesenian menjadi salah satu ektrakulikuler yang banyak diminati. Apalagi banyak pelajar di sini yang betul-betul menekuni dunia gamelan atau seni music tradisi. Dan itu saya acungkan jempol,” ucap Luki saat ditemui di sekolahnya, Sabtu (20/04/2019).

Dengan prestasi yang dicapai para pelajar SMAN I Pandaan, Luki masih berharap agar anak didiknya tersebut bisa memborong juara dalam kategori teater dan paduan suara yang akan dilaksanakan di Graha Cakrawala Malang, 24 April mendatang.

“Insya Allah kita juara, mohon doanya saja,” singkatnya.(Mahaputra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *