137 views

KABAR PROBOLINGGO KOTA : 46 Kantong Darah Terkumpul Dalam Baksos Donor Darah di Kampung Dorah Kota Probolinggo.

Probolinggo, MA – Sebanyak 46 kantong darah terkumpul dari hasil kegiatan bakti sosial donor darah massal semalam (11/5), yang diselenggarakan di Kampung Dorah (Donor Darah) tepatnya di Perumahan Bumi Yuangga RW 4, Kelurahan Triwung Lor, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo.

Berdasarkan informasi yg dihimpun dari salah satu warga setempat, Purnomo mengatakan, kegiatan bakti sosial ini sekaligus untuk memeriahkan hari jadi Kampung Dorah yang baru ini dibentuk.

Terlihat jelas suasana kerumunan para warga dari Kampung Dorah Perum Yuangga ini, untuk memeriahkan dan ikut serta dalam mendonorkan darahnya.

Diwaktu yang sama,Wakil Wali Kota Probolinggo HMS.Subri setelah melaksanakan sholat Isya’ dan Tarawih bersama dengan warga Kelurahan Sukabumi RW 01, menyempatkan diri untuk mengunjungi Kampung Dorah dan melihat secara langsung kegiatan tersebut.

Kepala Unit Tranfusi Donor (UTD) PMI Kota Probolinggo, dr. Cik Kahadi menyampaikan, kegiatan bakti sosial donor darah ini diselenggarakan guna tetap memenuhi kebutuhan darah secara mendadak, terutama untuk pasien di beberapa rumah sakit di Kota Probolinggo dan sekitarnya yang akan menjalani operasi.

“Ini merupakan salah satu upaya kami agar stok ketersediaan darah terjaga selama di bulan Ramadhan,” jelasnya.

Selain itu, dengan adanya keberadaan Kampung Dorah ini juga untuk membantu PMI mensosialisasikan pentingnya menjadi peserta donor darah dalam rangka membantu sesama juga untuk kesehatan. Karena darah yang rutin didonorkan, dapat membantu membuang kelebihan zat besi yang terdapat dalam tubuh sehingga kadar zat besi dalam tubuh bisa stabil.

Demi tetap menjaga ketersediaan stok darah selama bulan Ramadhan ini, pihaknya juga tidak hanya menyelenggarakan bakti sosial donor darah di Kampung Dora saja, melainkan UTD PMI Kota Probolinggo juga melakukan roadshow di beberapa titik diantaranya di Alun-alun Kota Probolinggo dan di salah satu pusat perbelanjaan (KDS) tepatnya di Jalan Dr. Sutomo.

dr. Cik menambahkan, sampai saat ini ketersediaan kantong darah di UTD PMI Kota Probolinggo masih cukup aman. “kurang lebih ada 300 kantong ketersediaan saat ini yang cukup untuk dua pekan kedepan,”terangnya. (Mahaputra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *